Close

" The Character Building University "

FIS Yudisium 150 Lulusan, Siap Bersaing Di Era Revolusi Industri 4.0

MEDAN – Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unimed melantik 150 lulusan dalam upacara yudisium yang digelar di Auditorium Unimed, Kamis (14/2/2019). Dari jumlah tersebut sebanyak 28 orang merupakan lulusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 49 orang lulusan Pendidikan Sejarah, 43 orang lulusan Pendidikan Geografi, dan 30 orang lulusan Pendidikan Antropologi.

Dekan FIS, Dra. Nurmala Berutu, M.Pd mengatakan, lulusan tersebut siap bersaing di era revolusi industri 4.0. Dijelaskannya, revolusi industri telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental. Kemajuan teknologi yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologis telah mempengaruhi semua disiplin ilmu. Oleh sebab itu menurut Dekan, tools untuk bisa bersaing dimasa ini adalah dengan etos belajar dan ketekunan yang tinggi, memiliki kemampuan Bahasa inggris serta menguasai IT dengan baik.

Kesiapan lulusan FIS Unimed menurut Dekan, dinilai dari proses peningkatan kualitas lulusan yang sesuai dengan tuntutan learning outcomes Kurikulum KKNI. Strategi yang dibuat melalui perkuliahan adalah dengan menyandingkan, menyetarakan, mengintegrasikan pendidikan dengan pihak dunia kerja sebagai pengguna.

Meskipun demikian, Dekan Nurmala tetap mengingatkan lulusan untuk terus belajar keras karena tuntutan keterampilan abad 21 selain keharusan penguasaaan core subject matter, juga harus dilengkapi dengan penguasaan keterampilan belajar dan berinovasi. Dijelaskannya, terdapat 3 kelompok kecakapan utama yang diperlukan yakni literasi dasar, kompetensi dalam menghadapi perubahan, dan kualitas karakter yang mumpuni.

Lulusan Terbaik

Upacara yudisium tersebut juga memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik dan dosen yang menyelesaikan studi Doktor. Seperti disampaikan Wakil Dekan 1 Dr. Deni Setiawan, M.Si., lulusan yang memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tertinggi yakni: Syahri Ramadhan (Pendidikan Sejarah) dengan IPK 3,90, Yolanda Sari (Pendidikan Kewarganegaraan) dengan IPK 3,68, Yulia Fitri Harahap (Pendidikan Geografi) dengan IPK 3,66, Afifah Dhaniyah (Pendidikan Antropologi) dengan IPK 3,63. (Humas Unimed/dl)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW