Close

" The Character Building University "

Dosen PGSD FIP UNIMED Lakukan Pendampingan Tentang Profil Pelajar Pancasila

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan kegiatan “Pendampingan dan Pelatihan dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila dengan Video Tutorial Berbasis Miniatur Benda Unik di SD Negeri 101744 Desa Klambir Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang” kegiatan ini dilaksanakan secara langsung atau luring bertempat disalah satu ruangan kelas yang ada di SD Negeri 101744 Desa Klambir tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan PKM ini sudah dimulai sejak tanggal 10 s.d 14 Juni 2022 yang lalu, diawali dengan membuat mural profil pelajar pancasila dengan keberagaman yang ada di Indonesia, mulai dari keberagaman seni, budaya, dan agama yang tentunya berlandaskan kepada kepancasilaan. Tim PKM yang diketua oleh Feriyansyah, S.Pd., M.Pd., yang anggotanya Adek Cerah Kurnia Azis, S.Pd., M.Pd., dan Waliyul Maulana Siregar, S.Pd., M.Pd, serta dibantu oleh beberapa orang mahasiswa yaitunya Winny Adeline, Uli Parulian Silaban, Putra Halomoan Siregar, Yedija Pratama Muham, dan Bayu Wiranata. Salah satu luaran dari kegiatan ini membuat video tutorial tentang miniatur benda unik yang ramah anak dari keberagaman yang ada di Indonesia berlandaskan kepada profil pelajar pancasila tentunya.

Narasumber yang dihadirkan yaitu Apiek Gandamana, S.Pd., M.Pd., Ia menjelaskan tentang profil pelajar pancasila kepada semua peserta kegiatan yang dihadiri oleh 20 orang guru yang ada di SD Negeri 101744 Desa Klambir, semua guru sangat antusias mendengarkan dan memperhatikan tentang profil pelajar pacasila ini. Ia juga mengungkapkan betapa pentingnya pendidikan tentang profil pelajar pancasila di dalam sebuah sekolah, berikut hal-hal penting tersebut, yang pertama untuk membangun keterampilan dalam meghadapi abad ke 21, kedua untuk meraih pencapaian bersama, ketiga untuk melahirkan pelajar Indonesia yang kompeten, dan yang terakhir untuk membangun karakter yang sesuai dengan identitas pancasila. Berdasarkan penjelasan di atas dimplementasinya langsung dituangkan dalam sebuah karya seni berbentuk miniatur benda unik tentang keberagaman yang tidak lepas dari konsep profil pelajar pancasila tersebut.

Kepala sekolah SD Negeri 101744 Desa Klambir Friska Siregar, S.Pd., mengatakan “kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat sekalai bagi guru-guru yang ada di SD ini, kemudian selanjutnya kegiatan ini dapat menupdate pengetahuan guru-guru tentang mewujudkan profil pelajar pancasila dengan berbasis minatur benda unik berbahan ramah anak” ungkup ibuk yang akrap disapa Friska ini.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW