Close

" The Character Building University "

Hadapi Revolusi Industri 4.0 UNITA Gandeng UNIMED

TAPANULI UTARA – Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara (UNITA) untuk meningkatkan mutu SDM serta daya saing lulusannya melakukan nota kesapahaman atau kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) pada 06 Desember 2018 di Tapanuli Utara. Kerjasama tersebut langsung ditandatangani oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dan Rektor UNITA Ir. Adriani S.A. Siahaan, M.P.

Pada kesempatan itu, turut hadir dari pihak Unimed Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd.,Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., P.hD., Staf Ahli Wakil Rektor II Dr. Syamsul Gultom,S.KM, M.Kes., Staf Ahli Wakil Rektor IV Dr. Abil Mansyur,SSi, M.Si., Winsyahputra Ritonga, S.Pd., M.Si. dan dari pihak UNITA turut hadir Wakil Rektor I Ester Mawar Siagian, S.E., M.M., Arta Junita Hutahean, S.P., M.Si., Wakil Rektor III Tanggapan C. Tampubolon, S.Pd., M.Pd., Wakil Rektor IV Dr. Meslin Silalahi, M.Pd., serta dekan, Ketua Lembaga, Wakil Dekan dan pejabat di lingkungan Unita.

Selain penandatanganan MoU yang dilaksanakan ketika acara Wisuda Unisa Taput, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom juga diundang untuk memberikan orasi ilmiah bagi wisudawan. Rektor Unimed dalam orasinya menyampaikan “saat ini perkembangan teknologi semakin maju, lihat saja sekaran google telah menciptakan sebuah mobil otomatis tanpa campur tangan manusia, mobil tersebut dapat berjalan sendiri dengan sinkronisasi goggle maps, ini menandakan bahwa pekerjaan manusia sudah dapat digantikan oleh mesin inilah yang disebut Revolusi Industri 4.0 dimana semuanya serbah automisasi. Untuk itu kita sebagai wisudawan agar dapat bersaing di jaman ini dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, serta selalu melakukan pengembangan kompetensi yang dimiliki disesuaikan dengan kebutuhan zaman.”

Rektor Unimed menambahkan bahwa untuk menghadapai era revolusi industry 4.0 maka para wisudawan Unisa harus menguasai tiga literasi dimana yang pertama adalah literasi data, literasi teknologi dan terakhir literasi manusia bagaimana bersikap dan berkomunikasi dengan sesame manusia.

Di akhir orasinya Rektor Unimed juga mengucapkan terimakasih karena dia merasa senang telah disambut dengan baik dan ramah. “Kami berterimakasih kepada Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utara atas sambutan dan kepercayaannya kepada Unimed untuk melakukan kerjasama. Semoga kerjasama ini terus terjalin dengan baik dan dapat memberikan manfaat serta dampak baik terhadap Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Utra ,” tutup Prof. Syawal.

Rektor UNITA Ir. Adriani S.A. Siahaan, M.P. mengatakan dalam sambutannya bahwa perjanjian ini dilakukan pada waktu wisudawan karena hal ini sesuai dengan maksud dan tujuan dari kerjasama yang dilakukan yaitu untuk meningkatkan mutu SDM dosen serta untuk menigkatkan pembelajaran sehingga dapat menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan siap menghadapai Era Revolusi Industri 4.0. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW