Close

" The Character Building University "

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kab. Dharmasraya SUMBAR Gandeng LPM Unimed

DHARMASRAYA – Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat menggandeng LPM Unimed untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan pola pembelajaran berbasis media IT. Harapan itu diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Dharmasraya, Reno Lazuardi, M.Si, dalam sambutannya pada 28 November 2018 di sela-sela kegiatan “Desain Teknologi Alat Peraga IPA : Implementasi Pembelajaran Efektif di Aula SD 08 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.

Reno mengungkapkan, kegiatan pelatihan dan workshop guru-guru dalam peningkatan kemampuan guru pada bidang inovasi pembuatan alat peraga IPA sangat di butuhkan karena siswa SD butuh melihat secara langsung bentuk-bentuk abstrak agar mudah di pahami. Selain dalam bentuk visual siswa juga harus di dekatkan dengan teknologi terkini, karena perkembangan teknologi pada zama sekarang sudah tidak dapat dipungkiri semakin maju dan begitu terus kedepannya. Akan tetapi perkembangan tersebut harus disikapi secara arif dan bijaksana agar dapat memberi dampak positif bagi kemajuan pendidikan. Maka dari itu Dinas Pendidikan mendorong untuk meningkatkan pendidikan berbasis IT.

“Pendidikan modern dengan memanfaatkan teknologi iniliah yang sedang kita kembangkan di kab. Dharmasraya dengan gerakan semua guru harus mampu mengoperasikan dan memiliki Laptop sehingga dharmasraya mampu melaksanakan UNBK 100 %,”, papar alumnus matematika UNP tersebut.

Menyahuti hal tersebut LPM Unimed yang diwakili Sekertaris Mukti Hamjah, M.Si mengungkapkan, program yang akan dilaksanakan di Kab. Dharmasraya Sumbar ini merupakan program hibah diseminasi teknologi alat Peraga IPA oleh dosen Unimed melalui LPM dalam memberikan pelatihan bagi guru SD untuk memberikan pengetahuan dan skill agar mampu menggunakan IT dalam pembelajaran. Ada beberapa program media pembelajaran yang akan dilatihkan pada guru-guru, diantaranya seperti ; Algoodo dan google  classroom.

Ketua Program hibah pengabdian Irfandi, M.Si dalam paparannya mengatakan”kami beberapa pemateri akan memberikan pendampingan untuk menambah wawasan para guru tentang pembelajaran e-learning yang berbasis e-forum sehingga dapat menambah kemampuan guru. Dengan program ini kita akan menjadikan guru SD di Dharmasraya sebagai pilot project untuk pembelajaran secara online, sehingga guru-guru di Dharmasraya dapat menggunakan e-lerarning dan e-forum dalam mendukung kinerja guru lebih profesional,”.

“Melalui e-forum para guru dapat mengeshare perangkat pembelajaran kepada kolega untuk saling bersinergi dalam mewujudkan mutu. Untuk akses e-forum dapat menggunakan alamat http://kkg-dharmasraya.info,” ungkap Irfandi..

Pelatihan dan workshop ini melibatkan 40 orang guru SD perwakilan dari beberapa kecamatan dan 29 kepala SD di kabupaten Dharmasraya. Turut hadir dalam kegiatan ; Korwil Dinas Pendidikan Pulau Punjung Indrawati, M.Pd., Tim LPM : Deo Demonta Panggabean, M.Pd, Novita Indah Hasibuan, M.Pd, Fahmy Syahputra, M.Com, dan Teguh Febri Sudama, M.Pd. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW