Close

" The Character Building University "

Judisium FE, Tiga Prinsip dari Dekan dalam Membentuk Soft Skill di Era Digital

MEDAN – Fakultas Ekonomi (FE) Unimed melantik 227 Sarjana Kependidikan dan 70 Sarjana Ekonomi di Ruang Utama Gedung Fakultas Ekonomi Unimed lt.1, Sabtu (24/11/18). Jumlah lulusan dari Jurusan Ekonomi sebanyak 165 orang. Diantaranya sebanyak 96 orang merupakan lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi, 21 orang lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi Keahlian Pendidikan Administrasi Perkantoran, 48 orang lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi Keahlian Pendidikan Bisnis. Jumlah lulusan dari Jurusan Akuntasi sebanyak 91 orang, diantaranya sebanyak 62 orang lulusan Prodi Pendikan Akuntansi, dan 29 orang lulusan Prodi Akuntansi. Jumlah lulusan dari Jurusan Manajemen sebanyak 41 orang. Acara pelantikan dihadiri oleh Dekan FE Prof. Dr. Indra Maipita, M.Si.,Ph.D, para guru besar, para wakil dekan, senat fakultas dan seluruh fungsionaris dilingkungan FE, serta peserta judisium.

“Saat ini dunia sedang menjalankan “Era Digital”. Tanpa disadari era ini telah mempengaruhi interaksi masyarakat, sehingga “Soft Skill di Era Digital” begitu urgen. Dunia kerja saat ini telah banyak dimudahkan teknologi. Namun, satu hal yang tidak bisa digantikkan oleh mesin terletak pada kemampuan individu untuk berhubungan dengan orang lain, memahami, membangun dan membina hubungan yang disebut sebagai “Soft Skill”. Para Alumni yang kami banggakan ada tiga prinsip yang perlu dipedomani untuk membentuk Soft Skill menghadapi “Distruption Era”. Yang pertama perlu menyadari bahwa anda adalah subyek karier dari kehidupan yang akan anda bangun, bukan orang lain apalagi alat-alat canggih. Yang kedua anda tidak boleh terjebak pada pilihan tunggal dan harus mempunya rencana A dan B. Yang ketiga yauitu “my network is my net worth” para alumni tidak bisa lagi mengabaikan pertemanan dan hubungan interpersonal karena dari hubungan inilah kreativitas kesamaan, tujuan dan kolaborasi dihidupkan. Saya berpesan kepada para alumni untuk dapat memiliki sembilan kemampuan Soft Skill diantaranya public speaking, kemampuan negoisasi, pola pikir kritis, sikap oppeness dan open minded, problem solver, kemampuan membangun relationship, leadership, interpersonal yang baik, penguasaan informasi dan teknologi. Ilmu dan pengalaman yang saudara peroleh selama di bangku kuliah, tentu belum cukup optimal untuk menghadapi perubahan yang terjadi diluar sana, namun setidaknya saudara telah memiliki bekal awal untuk ikut berkiprah. Oleh karena itu, teruslah belajar, dan terus berjuang, karena belajar itu adalah suatu kewajiban, kapanpun dan dimanapun,” ujar dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Si.,Ph.D dalam sambutannya.

Wakil Dekan I Dr. Eko Wahyu Nugrahadi, M.Si mengumumkan lulusan terbaik tingkat Jurusan/Prodi. Jurusan Ekonomi Prodi Pend. Ekonomi Meylinda Leliana br Saragih dengan IPK 3,88 (Dengan Pujian), Jurusan Ekonomi Prodi Pend. Ekonomi Osha Oktavia Rizky dari Prodi Pend. Ekonomi dengan IPK 3.78 (Dengan Pujian). Fetty Fatimah dari Prodi Pend. Ekonomi dengan IPK 3.74 (Dengan Pujian). Lestari Sormin dari Jurusan Manajemen dengan IPK 3,86 (Dengan Pujian). Sri Rahmadanis Caniago dari Jurusan Akuntansi Prodi Pendidikan Akuntansi dengan 3,81 (Dengan Pujian), Melani Tanjung dari Prodi Akuntansi dengan IPK 3,78 (Dengan Pujian). Selanjutnya mengumumkan lulusan terbaik Tingkat Fakultas yaitu Meylinda Leliana br Saragih dengan IPK 3,88 (Dengan Pujian). (Humas Unimed/nl).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW