Close

" The Character Building University "

Perkembangan Kelapa Sawit di Era Revolusi Industri 4.0

MEDAN – Ratusan Mahasiswa Teknik Elektro mengikuti kuliah umum yang bertajuk ”Pengembangan Energi Terbarukan menuju Revolusi Industri 4.0” dengan menghadirkan pembicara Ishman L Sibuea , ST, MM. (Manager Pabrik Kelapa Sawit Pagar Merbau). Kuliah Umum tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, Sabtu (17/11).

Seminar yang di ikuti sekitar 150 mahasiswa Teknik Elekro ini diharapkan dapat meningkatkan peran pendidikan khususnya dalam mencetak sumber daya manusia untuk mewujudkan industri kelapa sawit di sumatera utara. Turut hadir pada acara tersebut Wakil Dekan I FT Dr. Hj. Rosnelli, M.Pd, Ketua Jurusan Dr. Baharuddin, S.T., M.Pd, Ketua Prodi Teknik Elektro Dr. Adi Sutopo M.T serta dosen-dosen teknik elektro.

Dr. Hj. Rosnelli, M.Pd. selaku Wakil Dekan I FT ketika membuka acara kuliah umum menyampaikan kuliah umum dengan tema ini dinilai penting dan cukup strategis, mengingat Indonesia khususnya SUMUT merupakan penghasil kelapa sawit terbesar. “Ini adalah suatu peluang bagi kampus Unimed terkhusus Mahasiswa Teknik Elekto untuk bisa berkontribusi terhadap industri kelapa sawit dari aspek pendidikan serta penelitian untuk pengembangan kelapa sawit. dan dengan adanya kuliah umum ini juga menegaskan Unimed harus mempersiapkan nilai – nilai yang unggul untuk menghadapi masa depan khususnya di era Revolusi Industri 4.0 ini,” ungkap Wakil Dekan I FT.

Ketua Prodi Teknik Elektro Dr. Adi Sutopo M.T. dalam kata sambutannya juga menyampaikan tujuan Kuliah umum nantinya diharap dapat memberikan wawasan tentang energi terbaru dari kelapa sawit sehingga dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan energi serta menumbuhkan motivasi mahasiswa dalam pengembangan IPTEK dimasa depan dan membangun kerjasama dengan dunia industri.

Ishman L Sibuea , ST, MM. dalam paparannya menjelaskan ada beberapa poin penting yang terjadi dalam perkembangan kelapa sawit. Perkembangan-perkembangan tersebut meliputi (1) perkembangan teknologi mutakhir pada industri minyak sawit, (2) manfaat ekonomi industri kelapa sawit di Indonesia dan yang terakhir (3) manfaat sosial dan jasa lingkungan serta keberlangsungan (suistainability) kelapa sawit. Ia juga memaparkan tentang sumber daya manusia “SDM dibidang industri kelapa sawit Indonesia mampu menembus pasar global dan untuk mendapat SDM yang profesional agar dapat menembus pasar global maka SDM itu perlu dibentuk dari perguruan tinggi yang mempunyai komitmen untuk memajukan industri di Indonesia seperti kampus Unimed” ujarnya. (Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW