Close

" The Character Building University "

Mahasiswa PLS Berikan Layanan Pendidikan Kepada Anak-Anak Desa Tanjung Ibus

LANGKAT – Pendidikan seyogyanya tidak hanya diajarkan di bangku sekolahan, namun pendidikan juga bisa diajarkan dan dinikmati di luar sekolah. Banyak hal yang bisa dikembangkan dari pembelajaran menggunakan alam dan lingkungan sekitar sebagai media ajarnya. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan lebih interaktif, menyesuaikan kebutuhan dan minat peserta didik.

Dalam rangka menerapkan Konsep Pendidikan Luar Sekolah berbasis kurikulum KKNI, Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS-FIP Unimed) berikan layanan pendidikan kepada anak-anak usia sekolah dasar di Desa Tanjung Ibus Kec. Secanggang, Kab.Langkat.

Kegiatan yang mereka lakukan adalah memberikan kemampuan dasar membaca, menulis, berhitung (calistung) dan pengetahuan praktis dan sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kepada puluhan anak usia Sekolah Dasar yang tinggal di sekitar desa tersebut dengan memanfaatkan lahan kosong.

Para srikandi Prodi PLS 2018 Unimed; Pintenate Simahara, Nur Kholik Khairani, Anisa riswana, Windy Srirahayu, Rizky Ramadona dan Silpa Ramadani dengan senang hati mengajari anak-anak tersebut. Mereka mengaku pengalaman ini sangat berkesan. Banyak pembelajaran yang didapatkan dari kegiatan ini.

Mahfuzi, M. Pd. sebagai dosen PLS mengatakan “Mahasiswa PLS sudah seharusnya turun ke lapangan, sekalipun masih berstatus mahasiswa baru, karena salah satu kompetensi yang harus dicapai mahasiswa PLS ialah mampu memfasilitasi ke kebutuhan belajar masyarakat pada semua usia. Mudah mudahan mahasiswa PLS Universitas Negeri Medan dapat terus berkontribusi di masyarakat.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW