Close

" The Character Building University "

FBS Unimed Gelar Kuliah Umum Tingkatkan SDM Hadapi Revolusi Industri 4.0

MEDAN (Unimed) – FBS Unimed menggelar Kuliah Umum dan Diskusi, pagi tadi 02 November 2018. Dengan Mengundang 5 narasumber yaitu Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd, Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman, Ketua IDI kota Medan dr. Wijaya Juwama Sp. THT-KL, seorang pengamat Ekonomi M. Fajeri Siregar, SE., AK., M.Si, dan pengamat Politik & Budaya H. Dadang Damawan, S.Sos., M.Si, dengan mengangkat tema “ meningkatkan SDM dalam menghadapi tantangan masa depan indonesia di era revolusi industri 4.0. Acara berlangsung di Gedung Auditorium Universitas Negeri Medan, dengan dihadiri oleh Dekanat Unimed, Wakil Dekan I, II, dan III Fakuktas Bahasa dan Sastra, Kaprodi, Kajur, Para Dosen, dan Ratusan mahasiswa khususnya Fakultas Bahasa dan Sastra Unimed.

Rektor mengatakan, Saat ini dunia tengah memasuki era disrupsi teknologi yang bergeser pada era Revolusi Industri 4.0, atau disebut juga revolusi berbasis Cyber Physical System, yang secara garis besar merupakan gabungan tiga domain yaitu digital, fisik, dan biologi. Hal ini ditandai dengan munculnya fungsi-fungsi kecerdasan buatan (artificial intelligence), mobile supercomputing, intelligent robot, self-driving cars, neuro-technological brain enhancements, era big data yang membutuhkan kemampuan cybersecurity, era pengembangan biotechnology dan genetic editing. . “Kita berharap muncul ide-ide baru yang akan disiapkan di sektor pendidikan.

Ir. H. Soekirman dalam paparannya menyampaikan perguruan tinggi harus bisa menyikapi dan memasukan kurikulum budaya agar lulusan tetap menjaga kebudayaan tersebut. “Saya khawatir budaya itu hilang karena penggiatnya sudah tua dan wafat,” katanya. Disamping itu Soekirman juga menegaska generasi masa depan atau generasi milenial,hrus bisa menjadi seorang entrepreneur yang kreatif, sehingga tidak tertinggal dengan perkembangan jaman yang sangat begitu cepat ini.(Humas Unimed/jn)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW