Close

" The Character Building University "

Orientasi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap II Susulan Berlangsung Sukses

MEDAN (Unimed) – Dalam rangka pelaksanan Program PPG dalam Jabatan Tahap II Susulan Tahun 2018 di Universitas Negeri Medan. Diawali dengan kegiatan Orientasi Akademik PPG dalam Jabatan Tahap II Susulan Unimed yang diadakan di Gedung Digital Library Lt. IV Unimed (3/10). Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Dekan dan Wakil Dekan Universitas, Tim PPG Unimed, seluruh para peserta PPG dalam Jabatan Tahap II Susulan Tahun 2018.

Untuk memenuhi kuota PPG dalam Jabatan Tahun 2018, setelah melakukan evaluasi pelaksanaan PPG dan Jabatan Tahap I, Tahap II dan Daerah Khusus, Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan PPG yang dinamai dengan PPG Tahap II Susulan. Namun demikian meningat waktu yang tersedia sangat singkat karena harus selesai pada bulan Desember 2018, maka pelaksanaan PPG Tahap II Susulan ini akan dilaksanakan dengan pola yang berbeda dengan pelaksanaan PPG Tahap I, Tahap II, dan Daerah Khusus.

Pada Pelaksanaan PPG Tahap II Susulan ini, peserta akan mengikuti pendalaman materi selama 16 hari dengan memadukan pembelajaran dalam jaringan dan pembelajaran tatap muka dengan pola “membalik” metode tradisional. Implementasi pola ini dalam pendalaman materi PPG Tahap II Susulan ini adalah materi terlebih dahulu akan diberikan melalui modul atau video pembelajaran yang harus dipelajari dan ditonton oeh peserta pada malam hari dalam jaringan sebelumnya, besoknya masuk kelas untuk mengikuti pendalaman materi atau melalui tatap muka. Pembelajatan tatap muka di kelas digunakan peserta untuk diskusi kelompok dalam memahami materi, mengerjakan tugas- tugas, dan menemukan solusi dari masalah yang ditemukan selama melakukan pembelajaran dalam jaringan. Dalam pembelajaran tatap muka ini dosen akan menjadi fasilitator dalm memberikan masukan, memberikan pengayaan materi, dan memberikan solusi terhdap masalah- masalah yang dihadapi oleh peserta. Setelah selesai mengikuti pendalaman materi, akan dilanjutkan pada tahapan lokakarya selama 5 minggu di Unimed, dan PPl selama 3 minggu di sekolah mitra.

Dalam orientasi Akademik ini peserta PPg dalam Jabatan Tahap II Susulan yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 101 peserta dan berasal dari berbagai provinsi yaitu : Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung yang terbagi 2 bidang studi yaitu : Guru Kelas SD dan Matematika.

Tahapan PPG Tahap II Susulan ini sungguh menuntut peserta mampu menjadi pembelajar yang tangguh. Oleh karena itu, Dirjen GTK telah melakukan seleksi yang cukup ketat untuk memilih peserta yang dapat mengikuti PPG Tahap II Susulan ini. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh dirjen GTK, peserta yang terpilih ini diyakini akan mampu mengikuti seluruh tahapan PPG ini hingga selesai meski dengan susah payah.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta tetap fokus dalam menjalani PPG selama 3 bulan ini dan selalu dalam keadaan sehat. Dari laporan koordinator PPG, Unimed urutan kedua se-Indonesia paling banyak menyelenggarakan PPG dalam Jabatan. Semoga acara ini dapat menjadikan guru- guru lebih profesional.” Ujar Prof. Hamid. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW