Close

" The Character Building University "

Mahasiswa Pendidikan Tari FBS Juara Festival Goyang Karawang Nasional 2018

KARAWANG – Tim Penari dan pemusik FBS Unimed berhasil mengukir prestasi di Festival Goyang Karawang 2018 tingkat nasional yang digelar di Kompleks Candi Batujaya, Karawang, pada 21 sampai 23 September 2018.

Festival Goyang Karawang diikuti ratusan peserta dari 20 provinsi. Acara ini digelar dalam rangka Hari Jadi Karawang ke 385. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk melestarikan tradisi seni dan budaya khas Karawang agar tidak musnah. Selain itu, juga sebagai upaya mengenalkan tarian tradisional dari berbagi daerah kepada generasi muda. Serta meningkatkan kunjungan wisatawan nasional maupun internasional agar berwisata ke Karawang.

Universitas Negeri Medan juga ikut memeriahkan Festival Goyang Karawang dengan memberangkatkan 4 orang penari yaitu Roni Lirahman,Jefri,

Lihar Marandra Pane, Ayu Ramadani dan 3 orang pemusik yaitu Brepin Tarigan, S.Sn., M.Sn., Rama Alkaro Sinulingga, Ilham Maulana. Tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa FBS Unimed tersebut membawakan koreografi Si Beru Dayang dan berhasil menjadi tim favorit dan juara I Penata Musik.

Pembimbing Tim Penari dan Pemusik Martozet. S.Sn., MA menuturkan koreografi yang dibawakan beranjak dari legenda Si Beru Dayang, dari suku Karo, yang dipercayai sebagai asal mulanya padi sebagai makanan pokok masyarakat Karo hingga saat ini. Pada masa dahulu makanan pokok masyarakat Karo berasal dari buah pohon yang ada di hutan. Inilah yang menjadi ide dasar dari koreografi ini yang digarap dengan konteks kekinian, yang juga menjadikan teknik tari etnik Karo sebagai pengembangan gerak.

Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati M.Hum memberikan apresiasi terhadap prestasi mahasiswa dan dosennya yang telah berhasil memperoleh Juara I Penata Musik dan Tim Favorit di Festival Goyang Karawang 2018 tingkat nasional. “Selamat kepada tim penari dan pemusik yang telah berhasil meraih prestasi di Festival Goyang Karawang, kami pimpinan FBS Unimed sangat menyambut baik prestasi yang diperoleh semoga prestasi ini dapat memicu semangat seluruh mahasiswa FBS Unimed agar dapat terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Dekan FBS.

Di tempat berbeda Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan “Prestasi ini merupakan kabar yang sangat membahagiakan bagi kita pimpinan dan civitas Unimed. Prestasi yang membanggakan ini diharapkan dapat memicu dan mendorong para dosen dan mahasiswa mengukir prestasi di berbagai kompetisi nasional dan international.”

Prof. Syawal berkata bahwa prestasi ini tidak terlepas dari bimbingan para dekan, wakil dekan dan para dosen di fakultas. Beliau juga mengatakan bahwa prestasi yang didapat Ini merupakan bukti bahwa proses pembelajaran di kampus Unimed yang menerapkan kurikulum KKNI sudah berjalan secara optimal. (Humas Unimed)

 

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW