Close

" The Character Building University "

PUSDIBANG-KS Unimed Tingkatkan Kesejahteraan Kampung KB Lewat Pelatihan Rekayasa Industri

Pagar Merbau – Pusat Studi Pengembangan Keluarga Sejahtera Unimed (PUSDIBANGKS) mengadakan kegiatan “Rekayasa Industri” dalam bentuk pelatihan ternak ikan gurame dan bertanam sayuran di Kampung KB yaitu Desa Jati Baru Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini digelar pada hari Sabtu, 15 September 2018 bertempat di Aula Kantor Desa Jati Baru. Hadir dalam acara tersebut Ketua Pusdibangks Unimed Dr. Farihah, M.Pd, Sekretaris Desa (Sekdes) Jati Baru Tutiningsih, Yareli, ST ketua kelompok tani Juli Tani, staf pusdibangks, dan beberap mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan rekayasa industri tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan cara beternak ikan gurame dan bertanam sayuran, sehingga kesejahteraan keluarga di kampung KB tersebut meningkat. Di Desa Jati Baru untuk lahan pembuatan kolam ikan dan bertanam sayuran masih cukup luas, sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pendapatannya.

Dr. Farihah, M.Pd selaku ketua Pusdibangks, memaparkan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga. Diharapkan dengan kegiatan rekayasa industri dalam bentuk pelatihan ternak ikan gurame dan bertanam sayuran, ibu-ibu rumah tangga di desa tersebut mempunyai jiwa wirausaha sehingga dapat membantu perekonomina keluarganya.

Hal senada juga dikatakan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Jati Baru Ibu Tutiningsih, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakatnya terutama untuk peningkatan kesejahteraan keluarga. Dikatakan oleh Ibu Sekdes, bahwa desa Jati Baru merupakan salah satu Kampung KB di Kabupaten Deli Serdang, masyarakatnya terutama ibu-ibu rumah tangga sangat antusias untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan terutama yang berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan keluarga. Beliau berharap kegiatan ini terus berlanjut di kemudian hari.

Yareli, ST selaku ketua kelompok tani Juli Tani sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan bahwa untuk beternak ikan gurame dan bertanam sayuran tidak sulit asal ada kemauan dan inovasi. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena sudah merasakan manfaatnya untuk peningkatan perekonomian keluarga. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW