Close

" The Character Building University "

UPBK Latih 150-an Mahasiwa Jadi Konselor Sebaya

MEDAN (Unimed) – Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) Unimed melatih 150-an mahasiswa menjadi konselor sebaya. Mereka akan menjadi ‘perpanjangan tangan’ pihak kampus dalam menyelesaikan permasalahan pribadi dan akademik mahasiswa.

“Para konselor ini akan menjadi tempat curhat mahasiswa. Mengemukakan permasalahannya. Dan konselor memberikan solusi atau jalan keluar,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd  saat membuka Pelatihan Konselor Sebaya di Aula VIP Serbaguna Unimed, Selasa (18/9/2018).

Mahasiswa yang dilatih tersebut, kata Prof Sahat, dipilih dari tiap program studi. Tujuannya,  konselor lebih dekat dengan mahasiswa.

“Konselor juga dipilih tiap angkatan. Tiap angkatan ada sekitar 150-an orang yang menjadi konselor sebayanya,” terangnya.

Kepala UPBK, Prof. Dr. Abdul Munir, M.Pd mengatakan alasan pembentukan konselor sebaya. Menurutnya, remaja biasanya akan lebih nyaman menyampaikan permasalahan  kepada teman, atau orang yang ia kenal. Hubungan sebaya menimbulkan suatu perilaku dimana remaja lebih percaya terhadap teman sebaya daripada dengan orang tua. Maka, dirasa perlu ada orang yang memiliki kemampuan sebagai konselor serta dekat dengan mahasiswa.

Guru Besar bidang konseling, Prof. Dr. Asih Menanti, M.S., S.Psi yang menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan ini mengatakan, sebelum memberikan solusi bagi permasalahan orang lain, konselor sebaya juga harus mampu menyelesaikan permasalannya terlebih dahulu.

“Jadi, pelatihan juga sekaligus untuk membina mahasiswa itu sendiri. Agar mampu mengelola permasalahan yang ada dan menemukan solusinya,” terang Prof Asih.

Dijelaskannya, dalam pemberian konseling, keputusan diambil oleh mahasiswa berdasarkan atas kemauan mahasiswa itu sendiri. Bukan karena adanya paksaan dari konselor atau pihak lain. Konselor hanya menunjukkan solusi permasalahan.

Konseling sebaya adalah salah satu bentuk layanan yang bersifat pendekatan pribadi dan kelompok. Pemberian konseling dalam mengembangkan self control pada mahasiswa diharapkan membantu tercapainya tujuan belajar dan dapat mengontrol dirinya sendiri kearah yang lebih baik dan bermanfaat. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW