Close

" The Character Building University "

PAMB Unimed 2018, Gelorakan Semangat Revolusi Industri 4.0

Medan – Universitas Negeri Medan (UNIMED) menyambut mahasiswa baru semester Gasal 2018-2019 di awali dengan kegiakan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, 15-16 agustus 2018. Tercatat 5800 mahasiswa baru Unimed ikut aktif dalam kegiatan PAMB tersebut. Dalam acara ini pimpinan universitas memberikan motivasi dan semangat baru kepada mahasiswa baru untuk lebih mempersiapkan diri agar giat dalam belajar, demi menggapai harapan dan mimpinya meraih kesuksesan hidup di Unimed. Acara ini dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, MS, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, para Dekan, Direktur PPs, Wakil Dekan, Kepala Biro, Kepala Perpustakaan dan seluruh fungsionaris dilingkungan Unimed.

Acara pembukaan PAMB di buka dan resmikan oleh Rektor Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, didampingi seluruh pimpinan dengan penepung tawaran seluruh mahasiswa baru Unimed Tahun 2018.

Prof. Syawal Gultom, dalam arahannya mengatakan agar mahasiswa baru Unimed tahun akademik 2018-2019, sejak awal harus mampu merubah cara berpikir dan cara belajar, karena saudara telah beralih dari siswa menjadi mahasiswa, dan saudara sekarang kuliah di PTN terbaik terakreditasi A pertama di Sumatera Utara. Belajar di kampus dituntut kemandirian, komitmen dan kesungguhan. Apalagi sejak Unimed menerapkan kurikulum berbasis KKNI, wujud proses perkuliahan diarahkan dapat merubah pola pikir, pola belajar, gaya hidup dan karakter dalam bersikap. Dalam proses perkuliahan, semua mahasiswa melalui bimbingan dosen harus mampu menghasilkan produk perkuliahan sesuai konten dari mata kuliah.

“Melalui perkuliahan yang saudara ikuti nanti bersama dosen, dengan kurikulum berbasis KKNI. Kita berharap akan banyak karya, inovasi dan kreativitas yang dapat dihasilkan oleh mahasiswa baru nantinya. Tantangan hidup kedepan akan jauh lebih sulit kita hadapi, diantaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing dan revolusi industri 4.0. Tantangan-tantangan ini tidak boleh menjadi aral semangat kita, karena kita yakin, sepanjang kita bersatu, memiliki komitmen untuk berubah, bersungguh-sungguh dan bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja amanah dalam bidang amanah dan tugas kita masing-masing, pasti kita mampu menjawab tantangan ini. Tugas mahasiswa ya belajar…belajar….dan belajar, tutup pak Rektor.

Lanjut : Prof. Syawal Gultom, “menghadapi revolusi industri 4.0, kita harus memperkuat literasi baru dalam pendidikan tinggi, yaitu data literation, technology literation dan human literation. Literasi data merupakan kemampuan mahasiswa untuk membaca, menganalisis dan menggunakan informasi dari Big Data dalam dunia digital. Literasi teknologi, kemampuan untuk memahami sistem mekanika dan teknologi dalam dunia kerja, seperti coding dan artificial intellegence, serta prinsip-prinsip teknik rekayasa. Sedangkan literasi manusia merupakan sisi kemanusiaan, komunikasi dan desain kreatif”.

Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. dalam arahannya juga menegaskan, pada kegiatan PAMB di Unimed sudah 5 tahun terakhir tidak ada perpeloncoan. Kegiatan PAMB ini kita arahkan untuk memperkenalkan sistem akademik dan memberikan pemahaman tentang apa yang harus dipersiapkan  mahasiswa baru agar bisa sukses dalam belajar di Unimed. Selain itu, pimpinan Unimed juga mengelorakan semangat baru untuk belajar dan kejar prestasi, serta memperkenalkan unit kegiatan mahasiswa yang dipimpin Senat Mahasiswa Unimed.

Peserta PAMB tersebut tampak tersenyum dan tepuk tangan ketika Prof Sahat menyampaikan berbagai beasiswa yang bisa didapatkan di Unimed. Ia juga menyarankan mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Unimed. Serta upayakan secara maksimal agar saudara tahun depan 2019 bisa tembus PIMNAS (pekan ilmiah mahasiswa nasional).

PAMB ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru secara tuntas tentang sistem akademik dan cara belajar di Unimed. Sehingga para mahasiswa baru nantinya dapat mengikuti seluruh proses akademik dengan sukses. PAMB akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari pertama seluruh kegiatan berlangsung di tingkat universitas dan pada hari kedua di tingkat fakultas masing-masing.

Para mahasiswa baru terlihat sangat gembira dan penuh semangat baru. Hal ini terlihat dari ekspresi yang tampak, karena tidak ada yang kendur semangatnya selama mengikuti rangkaian PAMB di tingkat universitas dan fakultas. Semoga mahasiswa baru Unimed akan menjadi tunas baru bagi negeri ini untuk membawa kemajuan bangsa dan negara. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW