Close

" The Character Building University "

PSGPA Unimed Gelar Festival Anak Tingkat Sumut

Medan (Unimed) – Upaya penjaminan memenuhi hak anak atas kelangsungan hidup tumbuh dan berkembang serta terlindungi dari kekerasan dan diskriminasi maka pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Peringatan HAN selalu dilaksanakan setiap tahunnya di nasional maupun di daerah dengan tujuan agar semua lapisan masyarakat menyadari akan pentingnya pendidikan, kesehatan, gizi pengasuhan dan perlindungan anak Indonesia.

Universitas Negeri Medan melalui Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak (PSGPA) Unimed dalam memeriahkan Hari Anak Nasional menggelar Perlombaan Festival Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Perlombaan Festival Han dilaksanakan di Gedung Serbaguna Unimed, Kamis, (9/8/2018). Perlombaan Festival HAN dibuka di Ruang VIP Gedung Serbaguna oleh Kepala PSGPA Dr. Esi Emilia, M.Si. serta dihadiri oleh Dirlantas Polda Sumut, para juri lomba serta ratusan peserta.

Dalam laporannya ketua panitia Festival Anak Unimed Dr. Rahmat Mulyana, M.Si mengatakan dengan diadakannya perlombaan ini diharapkan nanti muncul anak-anak yang memiliki bakat dan kreativitas. Festival anak yang kedua ini 100% meningkat dibandingkan tahun lalu diikuti 204 peserta dari 50 sekolah.” Pada tahun ini ada yang baru yaitu kami mencoba membuka lomba untuk tingkat SMP untuk menggali kreatifitas dalam membaca puisi dan tingkat SMA untuk menggali kreativitas di bidang musik yang memanfaatkan barang bekas. Harapan kami dengan diadakannya lomba ini dapat menghasilkan anak-anak yang gemilang terutama di bidang seni,” ungkap Rahmat Mulyana.

Kepala PGSPA Dr. Esi Emilia, M.Si. ketika membuka acara mengucapkan terima kasih kepada para sekolah yang telah mengirimkan murid-muridnya untuk mengikuti perlombaan ini. “Acara Perlombaan Festival Anak Ini merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat dimana kita ingin memberikan fasilitas kepada siswa-siswa dari tk sampai sma untuk menyalurkan bakat-bakat mereka dan kemudian akan kita apresiasi,” ungkap Dr. Esi Emilia.

Perlombaan yang diadakan PSGPA ini merupakan bagian dari Festival Anak Unimed. Perlombaan ini diikuti oleh 204 peserta dengan rincian TK 25 peserta dari 5 sekolah, SD 64 orang dari 12 sekolah, SMP 52 orang dari 16 sekolah, SMA 63 orang dari 8 sekolah. Kategori yang dilomabakan untuk TK adalah mewarnai, untuk tingkat SD mewarnai dan menggambar, tingkat SMP lomba cipta dan baca puisi, dan tingkat SMA lomba music kreatif menggunakan barang bekas.

Festival Anak Unimed akan berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 9 Juli dan 11 Juli 2018. Pada tanggal 11 Juli 2018 PSGPA akan mengadakan Seminar Nasional bertempat di Digilib Unimed.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW