Close

" The Character Building University "

Dosen Unimed Bantu Pelatihan Ketrampilan Petani Sarimarrihit Sianjurmulamula Samosir

Desa Sarimarrihit – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat (PPM) yang dikembangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPRM) Ditjen Risbang  Kemenristekdikti. Tim dosen Unimed yang terdiri dari Dr.Ir. Nurfajriani, M.Si. Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd dan Drs. Lazuardi, M.Si, melalui kegiatan PKM ini melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan dalam pengolahan limbah organik dan kotoran ternak menjadi pupuk kompos pada 13 Juli 2018 di Desa Sarimarrihit, Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir. Ada dua mitra kelompok tani yang terlibat dalam kegiatan PKM ini yaitu:  Kelompok Tani Hasadaon (Ketua Insar Sihotang) dan Kelompok Tani Saurdot (Ketua Lamtoganda Sitanggang), Kepala Desa (Junses Limbong), Pendamping dari LPM (Suwarmin Novri) serta Dosen dan Mahasiswa Unimed. Sedangkan objek umum adalah masyarakat di Desa Sarimarrihit. Dalam kegiatan PKM ini, Tim Pelaksana kegiatan Pengabdian Dosen Unimed juga menyerahkan mesin pencacah limbah organik kepada kelompok mitra.

Tujuan dari kegiatan ini adalah : (1) Memberi Penyuluhan, sosialisasi dan pelatihan ketrampilan bagi kelompok mitra tentang proses pengolahan limbah dan kotoran ternak menjadi pupuk organik melalui penerapan teknologi tepat guna, penyuluhan penggunaan pupuk organik serta unsur hara dan manfaatnya bagi tanaman  (2) Memberikan seperangkat peralatan pencacah/pencampur  limbah organik untuk proses pembuatan pupuk organik (3) Memberi Penyuluhan bagi kelompok mitra mengenai cara pengemasan yang baik dan manajemen usaha sederhana, sekaligus memberi motivasi, pendampingan dan pembinaan untuk keberlanjutan produksi dan pemasaran produk pupuk organik agar terbentuk kelompok masyarakat yang sejahtera serta mandiri secara ekonomi.  dan pada akhirnya akan menjadi contoh dan pembina bagi kelompok tani sekitarnya

Dr. Ir. Nurfajriani, M.Si. sebagai ketua Tim PKM, dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada LPM Unimed, kepala desa, kelompok tani serta masyarakat atas dukungan dan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Harapan kami sebagai tim pelaksana dengan adanya kegiatan PKM ini masyarakat Desa Sarimarihit, khususnya mitra kelompok tani Hasadaon dan kelompok tani Saurdot,  adanya peningkatan ketrampilan dalam pengolahan limbah jerami, kulit kopi dan limbah organik lainnya serta kotoran ternak menjadi produk pupuk organik dengan kualitas yang baik melalui inovasi TTG,”ujar Nurfajriani.

Kepala Desa, ketua kelompok tani Hasadaon dan ketua kelompok tani Saurdot, menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih atas kontribusi Unimed melalui para dosen dan mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan  pengabdian di Desa Sarimarihit. “Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan pembuatan kompos dari limbah organik dan kotoran ternak melalu teknik TTG dan seperangkat alat pencacah limbah organik, kami akan dapat mengolah limbah organik yang tersedia cukup banyak menjadi pupuk organik yang sangat kami butuhkan untuk kegiatan pertanian,” ungkap Kepala Desa.

Masyarakat mitra juga sangat senang dengan kehadiran tim dosen Unimed dalam kegiatan PKM dan berharap adanya keberlanjutan kegiatan dari bapak/ibu dosen serta mahasiswa Unimed dalam berbagi ilmu agar menambah wawasan dan ketrampilannya. Harapan masyarakat Sarimarihit juga semoga semua kegiatan Tri Dharma dari para dosen Unimed akan terus bermanfaat bagi masyarakat luas. (Humas unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW