Close

" The Character Building University "

Rektor Berangkatkan 350 Mahasiswa PPG Unimed Ikuti PPL di Sekolah Mitra

MEDAN (Unimed) – Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd memberangkatkan 350 orang mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mengikuti PPL melalui acara yang digelar di Digital Library Unimed, Rabu (18/7). Turut hadir dalam acara pemberangkatan tersebut, Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc.,Ph.D, Dekan dan Ketua Prodi di lingkungan Unimed, Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong. Mahasiswa PPG itu akan mengikuti PPL (Program Pengalaman Lapangan) selama satu semester di berbagai sekolah di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

Prof Syawal Gultom berpesan kepada peserta PPL agar menerapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan daya bernalar siswa. “Hanya berfikir dan bernalar yang bisa membangkitkan negeri ini. Banyak negara yang tidak kaya sumber daya alam, namun karena mereka memiliki nalar yang tinggi, berpikir rasional dan bisa menghargai orang lain, menjadi negara maju. Bahkan sebahagian negara tersebut lebih memprioritaskan pada pembangunan pendidikan dan karakter. Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya justru masih dalam kondisi yang memprihatinkan, dikarenakan nalar dan rasional kita belum digunakan dengan baik,” terangnya.

Mantan Kepala BPSDMPK-PMP Kemdikbud ini melanjutkan, “minat menjadi guru meningkat sejak diberlakukannya sertifikasi guru. Namun itu ternyata belum menyelesaikan persoalan. Banyak yang harus kita perbaiki lagi. Saya ajak Anda (Mahasiswa PPG) untuk turut memperbaiki negeri ini dengan menjadi guru profesional. Mengajarlah dengan hati,” ujar Prof Syawal.

Sementara itu, Ketua Panitia Drs. Jamalum Purba, M.Si mengatakan, dari 350 peserta PPG tersebut terdiri dari 227 orang PPG SM3T dan 123 orang PPG Prajabatan Bersubsidi. “PPL ini akan dibimbing DPL 80 orang dan 171 orang guru pamong. Dan akan berlangsung antara Juli hingga Oktober 2018. Mereka telah mempersiapkan pembelajaran selama satu semester dan satu semester lagi PPL dan PTK,” ujarnya. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW