Close

" The Character Building University "

Kreasi Daur Ulang Kertas Rokok Bernilai Jual Tinggi

Medan – Berlatar belakang dari Program Kreativitas Mahasiswa kewirausahaan (PKM-K) yang mendapat pendanaan oleh Kementrian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi (Ristekdikti). mahasiswa UNIMED yang diketuai oleh Wagino dari Fakultas Ekonomi dan rekannya Maulana Abdillah, Ilham Ruser, Suryandi dan Ally Akbar yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Bahasa & Seni dengan arahan dan bimbingan Dr. Eko Wahyu Nugrahadi, M.Si, lewat pemikiran yang cerdas dan kreativ memanfaatkan limbah kotak/kertas rokok yang dikolaborasikan dengan kertas manila kilat disulap menjadi sebuah produk perabotan rumahan dengan nama B-JAR (Beautiful-JAR) berbentuk guci/vas bunga.

Ilham ruser tim mengatakan “Ide pembuatan produk B-JAR ini sebagai salah satu bukti kepedulian kami terhadap lingkungan dan usaha untuk mempengaruhi masyarakat terutama kaum muda agar lebih peduli terhadap kondisi lingkungan dikarenakan limbah sampah terutama kertas/kotak rokok yang sering terlihat berserakan.”

 “Kepedulian terhadap lingkungan harus kita mulai jika tidak sekarang kita peduli akan lingkungan,  kapan lagi kita mulainya kemudian jika kita tidak peduli lantas siapa lagi yang akan peduli dengan lingkungan kita ini. Jika lingkungan bersih dan indah kita juga yang enak memandang dan menikmatinya,” ujar Wagino selaku ketua tim kepada Humas Unimed.

Lanjutnya Wagino juga mengatakan untuk menjadi seorang wirausaha tidak harus selalu memerlukan biaya yang besar, menjadi wirausaha muda bisa juga  diwujudkan dengan memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar salah satunya limbah kotak/kertas rokok.

Dr. Eko Wahyu Nugrahadi, M.Si selaku dosen pembimbing mengapresiasi dan mendukung secara penuh apa yang telah dilakukan oleh mahasiswanya dan salah satu bentuk apresiasi beliau adalah masukan positif, dukungan materi dan semangat untuk mahasiswanya yang tetap gigih dan berlanjut sampai saat ini. Dan harapannya dari beliau agar hal positif seperti ini mampu ditularkan oleh Wagino dan tim kepada mahasiswa lain/masyarakat untuk semangat dalam berkarya dan berbisnis menjadi wirausaha di usia muda.

Ketiga mahasiswa ini membuat 3 bentuk produk B-JAR dengan 7 variasi warna yang dapat disesuaikan keinginan konsumen. Harga untuk B-Jar ukuran kecil sekitar 55 cm dibandrol dengan harga Rp. 60.000, ukuran sedang sekitar 70 cm dibandrol dengan harga Rp.100.000 dan untuk ukuran besar sekitar 90 cm dibandrol dengan harga Rp.150.000. Produk B-Jar inovasi kreativatas mahasiswa ini dapat dipesan secara langsung di jalan HM. Yamin Gg. Obat 1 No.2 Medan Perjuangan ataupun lewat official akun instagram mereka di @guci_kertascantik dan WA 082367429321. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW