Close

" The Character Building University "

Unimed Gelar Buka Puasa Bersama untuk Perkuat Ketaqwaan Civitas

Medan (Unimed) – Dalam rangka mempererat silaturahim, kinerja dan ketaqwaan civitas Unimed digelar setiap tahunnya dibulan ramadhan acara buka bersama dan tausyiah ramadhan. Buka puasa bersama yang digelar di gedung biro rektor (31/5) dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Guru Besar, Wadir PPs, Wakil Dekan, Kabag, Kassubag, dosen, Senat Mahasiswa dan Ratusan undangan mengikuti buka bersama dengan penceramah Ustadz Dr. Ahmad Zuhri, Lc. MA. yang mengangkat tema : “Membumikan Al Qur’an.”

Pada ceramahnya, Ust. Ahmad Zuhri mengatakan Al Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan dan ilmu tauhid, kitab penyempurna dari kitab-kitab suci sebelumnya. Beliau menceritakan betapa ilmu pengetahuan sangat penting akan tetapi harus dipadukan dengan mendekatkan diri kepada Allah. “Jangan mengulang masa lalu dimana peradaban sebelum masehi manusia sangat tinggi namun meninggalkan agama, maka musibah dan kutukan terjadi kepada mereka. Dan jangan pula mendekatkan diri kepada Allah tetapi meninggalkan ilmu pengetahuan atau tidak mendorong diri untuk meningkatkan potensi diri menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka akan tercipta peradaban yang menjauhkan diri dari agama seperti yang terjadi pada zaman jahiliyah. Oleh karenanya, ilmu pengetahuan dan ilmu agama harus berimbang, ” tegasnya.

Sementara Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. pada sambutannya menyampaikan bahwa “Manusia beribadah harus berimbang antara hubungan dengan Tuhannya dan sesama manusia. Beribadah bukan cuma mengharapkan pahala saja, akan tetapi keridhoan dan keberkahan dari Allah itu yg paling penting. Ibarat bekerja bukan hanya mengharapkan upah saja, akan tetapi kinerja dan prestasi kita juga ditingkatkan. Bekerja dengan ikhlas dan sungguh-sungguh maka akan berkah hasilnya. Sesuatu yang baik kita kerjakan, akan berbuah baik pula bagi kita.”

Kita menggelar buka puasa bersama ini setiap bulan ramadhan dengan tujuan agar menguatkan hubungan silaturrahim seluruh civitas dan kita berharap ibadah puasa yang kita tunaikan ini dapat berkorelasi untuk meningkatkan kinerja dan etos kerja, serta yang terpenting juga ibadah puasa ini dapat membentuk diri kita menjadi insan yang bertaqwa. Karena hanya taqwalah yang akan menghantarkan kita kelak untuk masuk surga yang penuh kemuliaan. Setinggi apapun karya akademik kita dan jabatan kita di dunia ini, belum tentu itu mampu menjadikan diri kita menjadi bertaqwa. Kita berharap aktivitas akademik yang kita lakukan di kampus ini mampu kita jadikan ladang menjadi insan yang bertaqwa dan menjadi manusia yang bermanfaat baik bagi orang disekitar kita. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW