Close

" The Character Building University "

Kejar Mutu, FBS Unimed Tingkatkan Peran KDBK

Medan (Unimed) – Fakultas Bahasa dan Seni Unimed menggelar FGD Penguatan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) melalui Pemberdayaan Kelompok Dosen Bidang Kajian (KDBK) dalam Standarisasi produk pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di Ruang Aula FBS Unimed Lt. 3 FBS (25/4/2018). Dengan pemateri tunggal Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Hadir seluruh dosen dilingkungan FBS Unimed. Tujuan FGD ini sebagai upaya menguatkan kembali komitmen untuk peningkatan kualitas pemberdayaan KDBK Unimed, khususnya di Fakultas Bahasa dan Seni.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., WD I, WD II, WD III, seluruh fungsionaris dan dosen dilingkungan FBS Unimed.

Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum., menyampaikan “Peran dosen dalam meningkatkan mutu akademik di FBS perlu terus kita tingkatkan dan kuatkan komitmennya. Oleh karena itu pengelolaan atau manajemen sumberdaya manusia dosen perlu diarahkan agar terencana untuk menyahuti visi, misi dan tujuan FBS Unimed. Tentunya pemberdayaan dosen KDBK dalam meningkatkan kualitas mutu akademik perlu dimulai dari kesatuan persepsi dan harapan bersama. Pertemuan ini kita harapkan dapat menyatukan komitmen dan kesatuan pandangan terhadap peningkatan mutu akademik melalui peran KDBK kita fokuskan”, ujar dekan FBS.

“Seluruh Jurusan telah membuat roadmap tim KDBK dan arah penelitian dosen yang hari ini saya paparkan dengan harapan kita bersama dapat mereview bersama agar sesuai harapan yang kita inginkan yaitu menghasilkan research yang berkualitas dan menghasilkan publikasi ilmiah dosen yang meningkat secara kualitas dan kuantitas,tutup Dr. Isda.  

Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom, M.Pd., dalam paparannya menyampaikan apresiasi terhadap FBS yang aktif memuat gerakan baru dalam peningkatan mutu melalui pemberdayaan KDBK. Setidaknya ada lima peran KDBK agar terus bersinergi dalam penguatan penjaminan mutu pembelajaran. a) menentukan arah riset dosen dan mahasiswa, b) menetapkan strategi karya ilmiah dosen dan mahasiswa, termasuk hasil HAKI dan PATEN yang ingin dicapai, c) melakukan review kurikulum untuk menyesuaikan dengan dunia kerja, d) merancang sistem penjaminan mutu internal, dan e) meningkatkan kerjasama program studi kepada mitra yang siap menerima lulusan. Jika lima hal ini dapat dirumuskan dengan baik dan hasilnya dapat di realisasikan saya yakin mutu dan kualitas pembelajaran kita dapat menghantarkan lulusan kedunia kerja sesuai spesifikasi keahliannya.

Melalui duduk bersama dalam KDBK, dosen dikelompokkan sesuai bidang ilmunya dan komitmen dosen untuk berubah kearah yang baik tidak perlu di dorong, atau sudah ada kesadaran diri untuk berbuat yang terbaik. Saya yakin kita dapat menghasilkan rancangan tim KDBK untuk tingkatkan mutu pembelajaran dan publikasi ilmiah dosen. Semoga FGD ini bermanfaat baik bagi kita bersama untuk kemajuan kampus yang kita banggakan. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW