Close

" The Character Building University "

Peserta PPG UNIMED Siap Bersinergi Dengan Sekolah Mitra

30/07/2015

Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Unimed angkatan ke-III akan mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) mulai 3 Agustus 2015 di beberapa sekolah di Kota Medan dan Deli Serdang. Peserta PPG alumni Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar (SM3T)  ini akan latihan mempraktekkan ilmu dan keterampilan pengajaran di sekolah sekaligus menebarkan pengalamannya selama mengikuti program SM3T maupun ketika mengikuti program pendidikan profesi guru.

Peserta PPG ini akan ditempatkan di 22 sekolah yang terdiri dari 6 SD di Kabupaten Deli Serdang, 4 SMP, 1 MTs, 9 SMA, dan 2 MAN di Kota Medan. Demikian disampaikan Koordinator PPG SM3T Unimed Dr. Tarsyad Nugraha, M.Kes pada acara penyegaran dan pembekalan PPL Mahasiswa PPG SM3T di Gedung Digital Library Unimed, Rabu (29/7/2015).

Acara ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd didampingi Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor 2 Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor 3 Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., dan Wakil Rektor 4 Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D. Turut hadir Dekan dan Wakil Dekan, DosenPembimbing, Guru Pamong dan Kepala Sekolah sasaran lokasi PPL.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan program PPL  ini memiliki standar kompetensi dan capaian yang harus raih. Sebelum melakukan PPL, peserta PPG harus memiliki standar baik dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Begitu pula ketika selesai mengikuti PPL, peserta ini  harus mencapai standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kita berharap pelaksanaan PPL PPG SM3T ini nantinya harus meraih target yang telah ditetapkan dan tidak menimbulkan masalah dalam proses pendidikan disekolah penempatan. Justru harus berupaya secara maksimal agar kehadiran kita disekolah mitra nantinya menjadi pendukung dan membantu terlaksananya proses pendidikan secara efektif dan berhasil meraih tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kehadiran saudara harus bersinergi dan membantu para guru semua dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran secara baik. Saya sangat berharap saudara bisa menjadi guru model sesuai bidang ilmu yang telah anda geluti di program PPG ini. Untuk peserta PPG agar aktif dan seringlah berdiskusi dan berkordinasi dengan guru Pamong dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran nantnya. Guru pamong akan menjadi pembimbing aktif bagi peserta PPL di sekolah nantinya yang juga memiliki peran penting dalam program ini.

Guru pamong diharapkan dapat membimbing peserta PPG ini untuk menjadi guru yang inspiratif, guru yang bertanggung jawab, jujur dan selalu mengembangkan potensinya. Kami mohon bantuan dan kerjasama para kepala sekolah dan guru pamong dalam mensukseskan kegiatan ini disekolah bapak/ibu. Semoga pelaksanaan PPL PPG SM3T Unimed ini nantinya dapat membantu dan mensukseskan proses pembelajaran yang efektif untuk meraih tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada setiap materi pembelajaran, lanjut Prof. Syawal Gultom.

Di akhir acara ini dilakukan penantanganan MoU antara Unimed selaku pelaksana program PPG dan 22 sekolah mitra yang langsung dihadiri semua kepala sekolah yang menjadi tempat praktek PPL peserta PPG Unimed Tahun 2015 ini. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW