Close

" The Character Building University "

Mahasiswa Bidik Misi Harus Lebih Berkarakter

10/09/2015

Medan – Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan berbagai kegiatan dalam membarikan pemahaman tentang pendidikan karakter kepada seluruh mahasiswa baru tahun 2015. Ini sebagai wujud kesungguhan Unimed dalam mengimplementasikan jargon Unimed yakni The Character Building University.  Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada 9-10 September 2015 di Gedung Auditorium Unimed ini memiliki tema : “Pendidikan Karakter Mahasiswa Bidik Misi”, dan dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Ketua Panitia Drs. Wanafri Pangaribuan, M.T. M.Pd, dan hadir 818 mahasiswa baru penerima Bidik Misi tahun 2015.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber profesional, diantaranya yaitu : A) Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd, dengan materi ; Filosofi dan Kebijakan Pendidikan Karakter di Unimed. B) Prof. Dr. Sahat Siagian, M. Pd, dengan materi ; Kebijakan dan Implementasi Pendidikan Karakter Bidang Kemahasiswaan di Unimed. C) Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd, dengan materi ; Penanaman dan Implementasi Nilai Karakter Dapat Dipercaya. D) Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, dengan materi ; Penanaman dan Impkementasi Nilai Karakter Kehormatan. E) Dr. Restu M.S., dengan materi ; Penanaman dan Implementasi Nilai Karakter Kewarganegaraan. F) Prof. Dr. Biner Ambarita, M.Pd, dengan materi; Penanaman dan Implementasi Nilai Karakter Keadilan. G) Prof. Dr. Paningkat Siburian, M.Pd,  dengan materi; Penanaman dan Implementasi Nilai Karakter Tanggungjawab. H) Dr. Sukarman Purba, ST., MPd, dengan materi; Penanaman dan Implementasi Nilai Karakter Kepedulian.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang juga selaku Rektor Unimed dalam paparannya menginginkan seluruh mahasiwa baru Unimed 2015 ini harus bisa dengan cepat dalam proses akademik dapat membentuk dirinya menjadi mahasiswa yang berkarakter. Upaya secara serius telah diwujudkan dalam bentuk kegiatan ini yakni Pendidikan Karakter Mahasiswa Bidik Misi, yang dilakukan selama 2 hari, dan Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa Reguler yang juga dilakukan selama 2 hari pada 11-12 September 2015.  Karakter merupakan cerminan hidup seseorang, jika seseorang kurang memiliki karakter yang baik tentunya akan berdampak negatif bagi tercapainya harapan dan cita-cita. Begitu juga para mahasiswa baru Unimed, jika saudara tidak mampu membentuk karakter diri yang positif maka akan mempengaruhi keberhasilan saudara dalam mengikuti aktivitas akademik di kampus kebanggaan kita ini.

Unimed sedang melakukan set ulang seluruh kegiatan akademik agar benar-benar mendukung secara optimal dalam mewujudkan the character building university. Harapan akhir dari cita-cita besar ini yakni menghasilkan lulusan yang berkarakter, handal dan berdaya saing. Kita sedang melakukan penguatan layanan untuk terbentuknya atmosfir akademik yang sehat dan dinamis, mengoptimalkan kurikulum blok berbasisis KKNI agar proses perkuliahan dapat mendukung terbentuknya lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dibidangnya sehingga mampu berdaya saing didunia kerja setelah lulus. Peningkatan SDM dosen juga terus kita lakukan dalam bentuk pelatihan, penelitian dan menghadiri pertemuan-pertemuan ilmiah.

Mahasiswa Bidik Misi Unimed harus lebih berkarakter, karena saudara kuliah di Kampus Unimed dengan biaya full beasiswa dari pemerintah. Dana biaya kuliah SPP ditanggung oleh pemerintah setiap bulannya, serta biaya kebutuhan hidup juga demikian. Rasa kesyukuran kepada Tuhan YME harus lebih diwujudkan dalam kegiatan akademik dikampus dan dalam kehidupan sehari-hari. Keseriusan belajar terus didorong dalam diri dan sikap perilaku yang baik harus dibentuk dalam diri saudara. Jika ketiga poin ini sudah optimal dilakukan dan berhasil kita implementasikan dalam kegiatan akademik dikampus. Pastinya akan menjadi hal yang luar biasa bagi kita, serta saya berharap nantinya mahasiswa bidik misi dapat menjadi contoh dan dapat menginspirasi mahasiswa Unimed lainnya. Seorang mahasiswa yang pintar, jika tidak didukung karakter diri yang baik maka nilai-nilai positif dalam dirinya akan hilang tak bernilai. Semoga harapan kita bersama ini dalam membentuk mahasiswa yang cerdas dan berkarakter baik akan mudah terwujud di kampus hijau yang kita cintai ini. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW