Close

" The Character Building University "

UNIMED Siap Laksanakan PLPG 2015

13/10/2015

Medan – Universitas Negeri Medan melakukan rapat kordinasi Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) PSG Rayon 102 dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan pada 12 Oktober 2015 di Hotel JW Marriott Medan. Pertemuan sosialisasi ini dihadiri oleh semua Dinas Pendidikan dari 33 Kabupaten/Kota di SUMUT. Hadir dalam rapat tersebut yakni Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K. M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D. Bapak/Ibu Rektor dari perguruan tinggi mitra, bapak/Ibu Dekan dilingkungan Unimed, Kadis Pendidikan dari 33 Kabupaten/Kota di SUMUT dan semua panitia pelaksana kegiatan.

Selanjutnya panitia PLPG PSG Rayon 102 Unimed pada Selasa, 13 Oktober 2015 juga melaksanakan pertemuan seluruh asesor dari Unimed, UISU, Univ. Sisingamangaraja, STKIP Riama, STKIP Binjai di Ballroom Hotel JW Marriott Medan. Hadir pada pertemuan tersebut yakni Rektor Unimed dan seluruh pimpinan perguruan tinggi mitra, serta ± 635 orang asesor yang akan dipersiapkan melaksanakan PLPG 2015 di SUMUT.

PSG Rayon 102 Unimed bekerjasama dengan perguruan tinggi mitra akan melaksanakan PLPG 2015 ini dengan 4 gelombang yang akan mulai dilaksanakan gelombang pertama pada 19-28 Oktober 2015 ini. Peserta PLPG di Rayon 102 Unimed ini terdata ada 5274 yang berasal dari provinsi SUMUT, ACEH, SUMBAR, RIAU, JAMBI, dan BENGKULU. Direncanakan pelaksanakan PLPG Gel. 1 tanggal 19-28 Oktober 2015, Gel.2 tanggal 29 Oktober – 7 November 2015, Gel. 3 tanggal 9-18 November 2015 dan Gel. 4 tanggal 19-28 November 2015. Sedangkan lokasi pelaksanaan PLPG akan dilaksanakan di kampus Unimed dan perguruan tinggi mitra. Seluruh peserta PLPG yang belum mengikuti UKA (ujian kompetensi awal) akan mengikuti UKA pada 17 Oktober 2015 di kampus Unimed. Sedangkan bagi asal daerah diluar SUMUT akan mengikuti UKA pada satu atau dua hari sebelum pelaksanaan PLPG untuk setiap gelombangnya.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam arahannya dipertemuan rapat kordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di SUMUT bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting, karena menjadi langkah awal untuk mencapai keberhasilan bersama dalam pelaksanaan PLPG bagi guru-guru dari semua daerah di SUMUT. Dengan melakukan kordinasi secara baik ini, maka kita harapkan adanya kesamaan persepsi atas pelaksanaan PLPG nantinya. Kami panitia pelaksana PLPG PSG Rayon 102 Unimed minta bantuan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi penting terkait pelaksanaan PLPG yang akan kita laksanakan tahun 2015 ini. Melalui kordinasi ini diharapkan semua calon peserta PLPG dari semua daerah akan lebih mempersiapkan apa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PLPG nantinya. Yang lebih penting lagi yakni semua calon peserta PLPG harus sudah mengetahui jadwal pelaksanaannya, jangan sampai ada peserta yang tidak mengetahui jadwal pelaksanaan diklat PLPG tersebut.

PLPG 2015 Unimed

Sementara pada pertemuan dengan asesor calon instruktur pada pelaksanaan PLPG PSG Rayon 102 Unimed, Prof. Syawal berharap agar semua asesor dapat melaksanakan PLPG ini dengan integritas dan penuh tanggungjawab sebaik mungkin, karena ini merupakan amanah pemerintah terhadap kita sebagai pelaksana. Mari kita laksanakan PLPG ini sesuai mekanisme dan SOP yang dikeluarkan oleh pemerintah. Esensi dari pelaksanaan PLPG ini sesungguhnya agar selesai para guru mengikuti Diklat PLPG ini diharapkan adanya peningkatan kualitas guru dan mereka telah siap menjadi guru profesional dengan memiliki kompetensi diri (kompetensi kepribadian, sosial, dan penguasaan keilmuan). Dengan harapan tersebut, maka kita semua asesor harus memiliki persepsi yang sama terhadap pelaksanaan ini dan memiliki persiapan secara baik dalam mencapai hasil yang kita harapkan bersama. Saya berharap kepada semua asesor agar tidak melaksanakan sesuatu yang tidak baik diluar dari standar operasional prosedur (SOP) dari pelaksanaan ini. Semoga kita bersama saling bahu membahu dalam mensukseskan kegiatan PLPG ini dengan hasil maksimal sesuai harapan dari pemerintah. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW