Close

" The Character Building University "

UNIMED Persiapkan Mahasiswa untuk Raih Juara di KDMI Tingkat Nasional Tahun 2022

Unimed mengadakan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat Universitas yang dilaksanakan pada 16 Juni 2022. Kegiatan ini merupakan untuk persiapan tim debat mahasiswa dalam mengikuti tingkat nasional nantinya. Pembukaan acara KDMI dilaksanakan di Ruang Sidang A Unimed Kamis (16/06).

Kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dibuka oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. dan dihadiri oleh Wakil Dekan III di lingkungan Unimed, Staf Ahli Rektor Bidang kemahasiswaan, beserta Juri dan seluruh mahasiswa peserta KDMI Tahun 2022.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) diikuti 24 mahasiswa yang terdiri dari 7 fakultas dan akan dinilai dengan 4 orang Dewan juri KDMI Unimed tahun 2022 yakni: Dr. Wisman Hadi, S.Pd.,M.Hum., Frinawaty Lestarina Barus, S.Pd., M.Pd., Dr. Isli Iriani Indiah Pane, M.Hum., Hot Maringan Samosir, S.Sos. S.E. dari Medan Debaters Forum (MDF).

Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd pada saat membuka kegiatan mengatakan Sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas terselenggaraknnya kegiatan ini. Saya berharap kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang kita laksanakan tahun 2022 ini, lebih baik dan tetap berpedoman pada panduan secara nasional karena mahasiswa yang terpilih menjadi juara nantinya, mereka ini akan mewakili Unimed pada kegiatan yang sama baik tingkat wilayah maupun ditingkat nasional”.

Lanjut Prof. Dr. Sahat, “Debat bukan hanya lomba berbicara dan berargumen tetapi bagaimana cara mengungkapkan wawasan berpikir, bagaimana bagusnya ketika berdebat dapat menahan emosi, bisa menahan kapan berbicara dan bisa menutup kekurangan kawan satu tim. Harapan kami kepada mahasiswa bisa memberikan hasil yang maksimal sehingga nanti siapaun perwakilan dan siapapun yang menjadi juara itu adalah hasil dari kerja keras kita masing-masing.”

Sebagai Ketua Pelaksana Tri Andri Hutapea, S.Si, M.Sc menyampaikan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia merupakan program Pusat Prestasi Nasinal (Puspresnas) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kompetisi debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan bebahasa yang baik dan kemampuan berargumentasi. Melalui Kompetisi ini, diharapkan mahasiswa UNIMED mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan berkomunikasi, logis dan analitis, menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahanya, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW