Close

" The Character Building University "

Prodi Pendidikan Tari FBS Unimed Gelar Festival Tari Kreasi Daerah

Program Studi Pendidikan Tari FBS Unimed menggelar pertunjukkan tari dalam bentuk event Festival Tari Kreasi Daerah se-Kota Medan yang digelar di Pendopo FBS, Kampus Unimed (20/05/2022).

Acara ini digelar dalam rangka ujian mata kuliah Tari Pendidikan untuk tingkat SMP dan SMA dan mata kuliah Manajemen Pertunjukan Seni. Kegiatan festival tari kreasi daerah yang digelar oleh mahasiswa ini mengundang sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMP di Kota Medan dan sekitarnya untuk terlibat menjadi peserta lomba tari, dan bagi peserta terbaik akan diberi hadiah yang sudah dipersiapkan oleh panitia.

“Mahasiswa dituntut untuk bisa melaksanakan 6 tugas wajib secara konkret sebelum menyelesaikan semua mata kuliah. Oleh karena itu, melalui tugas akademik, mahasiswa juga harus mampu berperan dalam menumbuh kembangkan pelestarian budaya dan dapat di dedikasikan dalam dunia kerjanya. Mahasiswa seni juga harus mampu mendesain, merancang dan melaksanakan suatu event pertunjukan seni di masyarakat. Agar mahasiswa dan alumni Prodi seni kita dapat mengambil peran dimasyarakat dalam hal pelestarian budaya dan seni daerah di tengah-tengah kehidupan masyarakat”, hal ini disampaikan oleh Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum pada saat membuka acara festival tari kreasi daerah.
Dekan juga mengatakan sebelum mahasiswa menyelesaikan studinya, mahasiswa tersebut harus sudah mampu menggelar sebuah pertunjukkan dengan melibatkan banyak orang, terutama para siswa-siswi di semua tingkatan pendidikan. “Unimed itu adalah kampus terbaik yang memiliki peminat dengan daya saing tinggi. Oleh karena itu, semua mahasiswa, terutama mahasiswa Prodi Seni di FBS, dituntut harus terus meningkatkan kompetensi dan skill yang dibutuhkan masyarakat dan dunia kerja. Kita harus terus berupaya meningkatkan sinergi antara civitas FBS, mahasiswa dan masyarakat untuk terus berkarya dengan tujuan meningkatkan kreasi seni yang ada di Sumatera Utara. Agar tetap terjaga dan ada semangat untuk mengembangkan kreasi tari daerah khas Sumatera Utara di kenal oleh dunia.” Ujarnya.

Peserta tari yang mengikuti festival seni daerah ini terdiri dari 27 sekolah SMP dan SMA di kota Medan dan sekitarnya. Jumlah peserta (siswa/i) yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 152 orang yang di motori oleh mahasiswa Pendidikan Tari FBS Unimed. Masing-masing mahasiswa membuat tim dan menciptakan suatu tarian yang berlambangkan kecintaan terhadap daerah yang ada di Sumatera Utara.

Turut hadir dalam acara festival tari kreasi daerah tersebut Wakil Dekan I Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum, Kaprodi Pend. Tari Siti Rahmah, S.Pd., M.Si, Dosen-dosen jurusan Sendratasik, Dosen Pembimbing mata kuliah, serta ratusan siswa/siswi SMP dan SMA sebagai peserta festival.(Humas Unimed/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW