Close

" The Character Building University "

Sukseskan Seleksi Akademik PPG DALJAB Unimed 2022, Panitia Aktif Rapat Persiapan dan Evaluasi

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab Berbasis Domisili Tahun 2022 di Unimed, seluruh panitia aktif menggelar rapat persiapan dan evaluasi PPG Daljab yang dilaksanakan setiap awal dan akhir periode pelaksanaan seleksi akademik, mulai dari 8 – 24 April 2022. Dalam pengelolaannya, terdiri dari 150 orang pengawas, 20 orang penanggungjawab pengawas, dan bagian administrasi dan keamanan.

Sebagai salah satu LPTK yang diberikan amanah oleh GTK Kemdikbudristek dalam pelaksanaan PPG Daljab berbasis domisili, Unimed telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai dengan menyediakan 150 komputer di 4 titik lokasi, seperti Lab. UPT TIK, FBS, FIK dan FT. Ujian seleksi akademik dilaksanakan dalam 20 sesi dengan jumlah peserta sebanyak 29.999 orang. Peserta merupakan guru-guru dari daerah seluruh Indonesia. Proses ujiannya dilakukan dengan aplikasi zoom meeting untuk pengawasannya dan menggunakan aplikasi seleksi akademik yang diinstall mandiri oleh peserta melalui laman kemdikbudristek. Para peserta menggunakan laptop sendiri dengan jaringan internet yang baik, handphone yang digunakan untuk aplikasi zoom sebagai pengawasan proses ujian, sehingga ujian berlangsung dengan objektif dan lancar.

Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan seleksi akademik ini didesain untuk menetapkan peserta PPG Daljab untuk angkatan 1 di tahun 2022. Ada sekitar 390.000 orang yang mengikuti seleksi akademik PPG Daljab seluruh Indonesia, di Unimed ada sekitar 30.000 peserta. Dulu dilaksanakan TUK berbasis CBT, akibat Covid19 kita kembangkan CBT berbasis domisili. Ujiannya kita pindahkan di rumah masing-masing dengan dimonitoring dengan menggunakan kamera. Semua itu tergantung dengan pengawasnya karena yang tau persis bagaimana aktivitas peserta. Pengawas harus tegas dan bijak dalam pelaksanaan ujian seleksi tersebut, pengawas itu merupakan kunci dalam pelaksanaan ujian ini. Kita harapkan agar pengawas-pengawas ini dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, tegas dan bisa mengawasi dengan baik dan aktif. Kita harapkan agar tim IT dan dosen-dosen di Unimed dapat mengembangkan CBT Berbasis Domisili untuk ujian CBT jalur SM-Mandiri di Unimed.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M. Kes. mengaharapkan dengan adanya rapat ini dapat menyatukan persepsi dan pemahaman kita dalam pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab tahun 2022 di Unimed. Seluruh panitia dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan tanggung jawab sehingga pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Ketua Penyelenggara Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan kegiatan ini bersamaan dengan menjalankan ibadah puasa semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan dalam mengemban tugas-tugas kita ini dengan baik. Adapun pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab Berbasis Domisili ini dilaksanakan mulai 9 April hingga 24 April 2022. Dengan melibatkan 150 orang pengawas, 20 orang penanggungjawab pengawas dan kinerja panitia dalam mendukung pelaksanaan seleksi akademik. Kita harapkan proses ujian ini berlangsung dengan baik dan lancar, dengan melakukan pembekalan dan rapat evaluasi setelah pelaksanaan ujian berakhir. Kiranya kita semua dapat bertanggung jawab dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW