Close

" The Character Building University "

PLS UNIMED Siap Hadapi MEA

02/03/2016

Medan – Ratusan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dan Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD) FIP Unimed mengikuti Seminar Pendidikan Inovasi pembelajaran terhadap Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 1 Maret 2016, di VIP Room Gedung Serbaguna Unimed.

Acara ini dimeriahkan dengan tari-tarian daerah yang ditampilkan oleh mahasiswa prodi PG PAUD. Turut hadir Wakil Dekan I FIP sekaligus sebagai narasumber yakni Prof. Dr. Yusnadi, M.S. dan Dr. R. Mursid, S.T., M.Pd. (narasumber II). Hadir juga Ketua Jurusan PLS Dra. Rosdiana, M.Pd, Sekretaris Jurusan PLS Dr. Sudirman, S.E, M.Pd., Ketua Prodi PG PAUD Kamtini, S.Pd., M.Pd.., dan perwakilan mahasiswa Prodi PLS dari UNSRI Palembang.

Ketua BPH Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia (IMADIKLUS) Unimed, Siti Mentari yang juga sebagai ketua panitia dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan awal tahun dari jurusan PLS dan Prodi PG PAUD. Tujuan dari kegiatan ini untuk menyiapkan tenaga pendidik khususnya Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dalam menghadapi MEA. Di era MEA ini tidaklah hanya kompetensi keilmuan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, akan tetapi skill diri sebagai penunjang kompetensi tersebut. Oleh karena itu diharapkan bagi mahasiswa Prodi PLS dan PG PAUD FIP Unimed harus mempersiapkan diri lebih maksimal, agar dapat bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain.

Guru Besar PLS Unimed, Prof. Dr. Yusnadi, M.S. selaku pembicara berharap agar nantinya mahasiswa dapat berinovasi dalam perkuliahan dengan banyak menelurkan ide-ide kreatif pembelajaran dalam pendidikan non formal guna menghadapi MEA. Hal ini disampaikannya untuk mengenjot mahasiswa agar lebih aktif dan kreatif dalam kepenulisan proposal kegiatan mahasiswa (PKM) dibidang PLS dan PG PAUD. Bayangkan jika mahasiswa Unimed yang berjumlah ± 24.000 dapat mengikuti PKM saja 1000 mahasiswa, maka pasti akan ratusan mahasiswa Unimed yang dapat menumbus PIMNAS. Untuk mewujudkan harapan itu, memang perlu dibangun kepedulian dosen dan UKM yang ada, tidak hanya pimpinan saja yang peduli.

Sekretaris Jurusan PLS, Dr. Sudirman, S.E., M.Pd. sangat mengapresiasi atas kegiatan seminar ini. Beliau mengatakan bahwa mahasiswa saat ini harus lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran khususnya mempersiapkan diri untuk mampu bersaing menghadapi MEA. Mahasiswa harus jeli melihat peluang pasar dan kebutuhan masyarakat baik dibidang ekonomi maupun pendidikan, sehingga dapat tepat sasaran dan tepat guna. Diharapkan agar kegiatan ini dilakukan secara rutin, dengan melibatkan semua mahasiswa FIP seperti halnya kuliah umum yang bertaraf nasional. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW