Close

" The Character Building University "

Rektor UNIMED : PLP I Tingkatkan Kemampuan Akademik dan HOTS Mahasiswa

Universitas Negeri Medan melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Kepala Sekolah Mitra pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I Mahasiswa Unimed Tahun 2022, melalui zoom meeting pada Rabu (09/3/2022). Pelaksanaan PLP I diikuti Mahasiswa Unimed sebanyak 4236 orang yang berasal dari 7 fakultas pada 34 Program studi dan 1 Program Bilingual. Dengan 238 sekolah dan lembaga mitra serta 446 dosen pembimbing lapangan.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes. dengan menghadirkan Narasumber Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dan Ketua Program Pelaksanaan PLP I 2022 Dr. Restu, M.Si. dan juga turut hadir diantaranya Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua LPPM, Ketua LPPMP, Wakil Dekan, ,Sekretaris LPPM, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Dosen Pembimbing Lapangan PLP I, Kepala Sekolah Mitra PLP I dan Ketua Pelaksana PLP Unimed Drs. Jamalum Purba, M.Si.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes. dalam sambutannya mengatakan Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I yang akan kita laksanakan bersama nantinya merupakan salah satu kegiatan akademik bagi mahasiswa Prodi Kependidikan di Unimed. Program PLP I ini kita harapkan dapat mendukung kegiatan pengembangan Tri darma Perguruan Tinggi sesuai dengan visi Unimed agar menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya. Melalui program PLP I ini diharapkan mahasiswa sebagai calon pendidik (guru) akan lebih memahami, mengetahui, menghayati, menjiwai dan memiliki kemampuan kritis dan analitis terhadap profesinya kelak.

Lanjut Rektor, Setelah mengikuti kegiatan PLP I ini, para mahasiswa diharapkan dapat memaksimalkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), melalui kegiatan menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, menelaah strategi pembelajaran yang dipakai guru, dan menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Serta membantu guru dalam pengembangan perangkat pembelajaran, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi guru.

Dalam paparannya, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan keutuhan pendidikan akademik dan profesi sejak awal sudah di koherensi apa yang akan dilakukan kepada mahasiswa unimed nantinya, sehingga relevansi antara konten, pedagogi, teknologi serta keutuhan sesuai ciri masa depan. Dan untuk saat ini Revolusi Industri 4.0 yang disebut juga dengan teknikal skill. Dan kita mengenal teknikall skill dengan learn, literasi dan language skill. Kemudian sistem pembimbingan mahasiswa PLP I dibimbing oleh dosen pembimbing PLP I dan Guru Pamong dalam jaringan, satu dosen pembimbing PLP I paling banyak membimbing 9-12 orang mahasiswa PLP I. dosen pembimbing PLP I dan guru pamong melakukan pembimbingan secara insentif yang dilaksanakan dalam jaringan. Selama pelaksanaan PLP I dosen pembimbing paling sedikit satu kali berkoordinasi dengan sekolah mitra secara daring atau luring sesuai dengan kondisi sekolah mitra untuk memonitoring keterlaksanaan PLP I di sekolah mitra. Dan proses pembimbingan ditekankan pada identifikasi pelaksanaan PLP I, permasalahan dan hambatan yang dihadapi mahasiswa serta saran untuk solusi dilakukan dalam jaringan.

Dr. Restu, M.Si. menjelaskan PLP I merupakan tahapan pertama dalam pengenalan lapangan persekolahan program sarjana pendidikan, yang dilaksanakan pada semester ketiga atau keempat. Sebagai tahap pertama setelah PLP I akan dilanjutkan dengan pengenalan lapangan persekolahan PLP II pada semester yang lebih tinggi. Ruang lingkup dari kegiatan PLP I adalah aktivitas observasi, menggunakan instrument yang disiapkan mahasiswa bimbingan dosen yang disesuaikan kondisi kekinian, analisis dan penghayatan terhadap kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan dan pembelajaran.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW