Close

" The Character Building University "

UNIMED Gelar Pendampingan Jurnal Ilmiah Menuju Indeksasi Internasional Bereputasi Scopus/WoS

Dalam rangka meningkatkan tata kelola, akreditasi jurnal ilmiah dan strategi meningkatkan indeksasi internasional bereputasi Scopus/WoS, Universitas Negeri Medan melakukan pendampingan 10 jurnal ilmiah Universitas Negeri Medan, selama dua hari yakni pada 26- 28 November 2021 di Hotel Aryaduta Medan. Pendampingan ini mengundang narasumber Assesor Akreditasi Jurnal dan Pengelola Jurnal Terindeks Scopus di IPB University, Dr. Iman Rusmana, M.Si.

Selaku Ketua Koordinator Pengelola Jurnal, Dr. M. Surip, M.Si. mengatakan Peserta kegiatan ini merupakan pilihan setelah dilakukan penelusuran dari 119 pengelola jurnal ilmiah di lingkungan Unimed. Kita sangat bersyukur, karena dari 119 jurnal di Unimed sudah ada 46 jurnal kita yang sudah terakreditasi SINTA, dari SINTA 2 sampai 6, dan yang terbanyak di SINTA 3 dan 4. Kesepuluh pengelola jurnal yang menjadi peserta kegiatan kita ini, jurnalnya 90 % sudah terakreditasi SINTA 2 sampai 5. Selain itu, kesepuluh jurnal yang hadir sebagai peserta ini, terbitannya sudah berbahasa inggris dan sangat tertib proses terbitannya.

Acara pendampingan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Medan Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dan dihadiri oleh Ketua Senat Universitas, Wakil Rektor, Dekan dan 10 pengelola jurnal di Unimed.

Pada pembukaan, Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. menyampaikan apresiasinya kepada pengelola jurnal atas loyalitas dan kerjakerasnya memajukan jurnal di Unimed. Peserta yang hadir pada hari ini, merupakan orang-orang yang terpilih untuk mengikuti pendampingan menuju indeksasi internasional bereputasi Scopus/WoS. Tentunya ada banyak masukan dan pengalaman yang akan kita dapatkan dari pemateri. Semoga semakin meningkatkan tata kelola dan akreditasi jurnal ilmiah Unimed terindeksasi internasional bereputasi Scopus/WoS. Kami juga sangat berharap kepada 10 pengelola jurnal yang sudah kita hadirkan dalam kegiatan kita ini. Semoga dapat semakin serius, memiliki komitmen dan tanggungjawab bersama dalam pengelolaan jurnal ilmiah ini, untuk kita proses pengusulan untuk mendapatkan indeksasi Scopus/WoS. Kami pimpinan akan memberikan dukungan moril dan materil, kepada pengelola jurnal semua agar harapan kita bersama ini dapat tercapai dengan manis nantinya.

Ketua Senat juga memberikan penguatan kepada pengelola jurnal, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. optimis dengan jurnal ilmiah Unimed semakin meningkat setelah mengikuti pendampingan ini. Jika perlu diadakan kembali karantina dan pendampingan intensif untuk semua pengelola Jurnal Ilmiah di Unimed. Pimpinan hadir pada hari ini merupakan dukungan dan mempunyai harapan kepada bapak ibu pengelola jurnal. Unimed itu ada karena ada karya, hasil penelitian dan terlegiminasi oleh nasional dan internasional. Saya sungguh sangat mengapresiasi kegiatan kita ini dan berharap agar kita dapat bahu membahu, meningkatkan Kerjasama dan berkolaborasi agar kesepuluh jurnal kita ini dapat mencapai akreditasi internasional bereputasi Scopus/WoS. Saya mewakili semua pimpinan mengucapkan terima kasih kepada Bpk Iman Rusmana yang telah bersedia menjadi narasumber pada kegiatan kita ini. Serta terima kasih juga kepada seluruh panitia dan peserta Bpk/Ibu 10 pengelola jurnal ilmiah Unimed yang telah mengikuti kegiatan ini. Kita sama-sama berharap, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita bersama, dan akan berdampak positif bagi peningkatan reputasi jurnal kita menuju terakreditasi internasional bereputasi Scopus/WoS. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW