Close

" The Character Building University "

Peran Pendidikan Karakter dalam Organisasi Kemahasiswaan

Universitas Negeri Medan melaksanakan “Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa dan Pendidikan Karakter Ormawa” dan Pembinaan Pendidikan Karakter Bagi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom pada (18/11).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman yaitu Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. dan Dr. Darwin, ST., M,Pd. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Unimed Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., turut dihadiri oleh seluruh Wakil Dekan III tiap Fakultas dan seluruh anggota organisasi mahasiswa dilingkungan Unimed.

Irwansyah Siregar, M.Pd selaku Ketua Panitia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan karakter mahasiswa para pengurus organisasi mahasiswa serta memberi bekal kepada mahasiswa berupa wawasan sikap dan keterampilan untuk memberdayakan organisasi kemahasiswaan agar lebih efektif, inovatif dan produktif dengan berdasarkan prinsip-prinsip managerial dan softskill yang baik. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa pengurus ormawa dilingkungan unimed yang terdiri dari ketua dan anggota senat mahasiswa sebanyak 41 orang, ketua dan seketaris UKM mahasiswa sebanyak 36 orang, ketua dan anggota semaf dari 7 fakultas dilingkungan unimed sebanyak 28 orang.

Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd mengatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter itu memberikan kontribusi 40 persen kepada kemajuan seseorang kemudian 30 persen itu adalah jaringan dan 30 persen lagi adalah keahlian. Ada 6 pilar yang nanti akan di jelaskan secara detail oleh narasumber kita. dan harapan kita pada kegiatan ini bisa bermanfaat kepada mahasiswa sekalian dan dpat menerapkan pada kehidupan yang akan datang.

Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. menjelaskan pendidikan karakter dan ilmplementasi 6 pilar karakter dalam kehidupan berorganisasi di lingkungan unimed. Pendidikan karakter kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan yang di yakininya hingga digunakannya sebagai landasan dalam cara pandang, berfikir, bersikap dan bertindak. Sementara 6 pilar karakter kehidupan di lingkungan unimed adalah dipercaya, penghormatan, tanggung jawab, kejujuran dan keadilan, perhatian dan kebangsaan.

Dr. Darwin, ST., M,Pd menjelaskan komponen organisasi terbagi menjadi 4 bagian yaitu pengambilan keputusan, kepemimpinan, manajemen dan organisasi keempat bagian tersebut dinamakan sistem tata kelola. Sistem tata kelola ialah sistem dan proses penyelenggaraan organisasi melalui pendekatan sistematis yang menggabungkan perencanaan strategis, manajemen, resiko dan manajemen kinerja. Strategi kepemimpinan sendiri merupakan upaya cara membangun budaya organisasi yang mampu mempercepat perwujudan visi melalui pengambilan keputusan strategis terhadap fungsi-fungsi manajemen oleh pimpinan transformatif guna meningkatkan citra dan reputasi organisasi.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW