Close

" The Character Building University "

FBS UNIMED Gelar Webinar Peluang Magang dan Kerja Industri Pertelevisian

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan menggelar webinar bertajuk “Menguak Peluang Magang & Kerja Industri Pertelevisian” secara daring melalui platform zoom, pada Selasa (16/11).

Acara tersebut menghadirkan narasumber ahli yaitu, Amudi Sitohang (iNews Medan), Dr. Immanuel Prasetya Ginting (Manu Project Production), dan Yesika Natalina Sidabutar (Manu Project Production). Turut hadir Wakil Dekan I FBS Universitas Negeri Medan Dr. Wahyu Tri Atmojo, M. Hum., Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Unimed Indra Hartoyo, S.Pd., M.Hum., Ketua Prodi Sastra Inggris Juli Rachmadani Hasibuan, S.S., M.Hum., Dosen serta ratusan Mahasiswa di Lingkungan FBS Universitas Negeri Medan.

Proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa Program magang juga dimaksudkan untuk menerapkan program link & match pada sistem pendidikan tinggi di Indonesia. yang sangat esensial. Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Amudi Sitohang menerangkan bahwa, dalam stasiun TV di Indonesia program director bukan berarti tidak perlu mengetahui ataupun minimal harus mengetahui fungsi dari alat karena pada saat produksi baik itu siaran tunda atau langsung program director yang menentukan apa saja yang diperlukan dan yang dikerjakan sehingga dapat berjalan lancar program tersebut. Kunci dari program director harus mempunyai feeling dan konsentrasi yang paling penting adalah tidak boleh panic menghadapi suatu program.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Immanuel Prasetya Ginting., mengatakan bahwa kreatifitas yang sangat dibutuhkan agar mendapatkan konten yang menarik bukan ikut-ikutan. Ada beberapa kompetisi di Industri broadcast diantaranya yaitu, Program Content, Program Lay-out, Program Promotion, Program Montage, Program Structure, Program Quality Audio Video, dan Program Teknologi. Siaran sebagai definisi bisnis ada tiga yaitu capital intensive, marketing rules the show, dan ajang pemasaran produk.

Indra Hartoyo selaku ketua jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Unimed dalam penutupan acara mengucapkan terimakasih atas ilmu dan peluang-peluang yang diperoleh melalui kegiatan ini. Pada saat ini dunia pertelevisian itu sangat pesat sekali perkembangannya. Oleh karena itu, ini menjadi peluang yang sangat besar bagi mahasiswa kita dan terutama pada prodi sastra inggris. Sebagai salah satu tujuan dari program ini ketua Prodi telah merancang MoA dengan kedua Instansi agar mahasiswa kita dapat melaksankan praktek/magang.(HumasUnimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW