Close

" The Character Building University "

Mahasiswa FMIPA Rancang Laboraturium Menggunakan Teknologi VR

Mahasiswa FMIPA Unimed berhasil merancang sebuah aplikasi android Laboratorium Fisika khusus membahas viskositas larutan dengan memakai konsep teknologi VR (Virtual Reality). Rancangan Aplikasi Android dengan konsep dari teknologi VR ini merupakan hasil dari pemikiran mahasiswa. Adapun Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) diantaranya Putri Aprillia (Pendidikan Fisika) , Muhammad Khaidar Aly (Ilmu Komputer) dan Rizky Gunawan (Ilmu Komputer) dengan Dosen Pembimbing, Sabani, S.Pd., M.Si.

Rancangan tersebut diaplikasikan di SMAS YPK Medan, pada kegiatan ini pula Tim melatih siswa SMAS YPK Medan untuk memanfaatkan teknologi yang berkembang (Android) dan VR (Virtual Reality) dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi fisika Viskositas. Laboratorium Fisika SMAS YPK Medan terdapat alat praktikum viskositas zat cair dengan metode bola atau kelereng jatuh. Namun masih terdapat beberapa kelemahan, diantaranya yaitu kesulitan dalam menentukan jarak karena masih menggunakan spidol merah sebagai penanda dan masih menggunakan perhitungan waktu secara manual yaitu dengan menggunakan stopwatch. Dari hal tersebut dapat mempengaruhi hasil dari perhitungan karena ketidaktepatan praktikan dalam menyalakan stopwatch.

Kepala Sekolah SMAS YPK Medan, Wahidan, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada kampus Unimed yang telah memberikan bantuan tidak hanya ilmu tetapi juga teknologi VR sehingga sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Ia juga berharap kegiatan ini akan berlanjut untuk meningkatkan minat serta bakat yang terpendam didalam diri peserta didik. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW