Close

" The Character Building University "

Dosen FT UNIMED Beri Pendampingan kepada Pengusaha Arang Tempurung Kelapa di Deli Serdang

Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (UNIMED) melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melakukan pendampingan masyarakat dengan mitra usaha arang tempurung kelapa melalui perancangan mesin penggayak arang di desa Pematang Biara Kabupaten Deliserdang Tahun 2021.

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini merupakan salah satu penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan di rumah mitra yang dihadiri pendamping dari LPPM Universitas Negeri Medan, Anggota Mitra dan warga Desa Pematang Biara.

Kegiatan ini dimulai pada hari Sabtu tanggal 28 Agustus, 2021. Adapun Kelompok dosen FT UNIMED yang melaksanakan PkM ini terdiri dari Dr. Muslim, ST., M.Pd selaku ketua dan anggota Nur Basuki, S.Pd., M.Pd., M.Pd.T.

Ketua Tim Pengabdian Dr. Muslim, ST., M.Pd mengatakan “kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membantu peningkatan kapasitas produksi usaha arang tempurung kelapa, selain itu dengan kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan mitra (SDM) dalam proses produksi dari yang dulunya dilakukan secara manual sekarang semua proses dilakukan dengan menggunakan mesin dengan begitu proses pengayakan arang lebih mudah dan cepat,”,

Nur Basuki, S.Pd., M.Pd., M.Pd.T menambahkan, ” Setelah kami evaluasi seluruh tahapan kegiatan mulai dari kegiatan sosialisasi, pelatihan dan penyerahan mesin ayakan. Semua berjalan dengan lancar dan mesin yang diserahkan kepada mitra dimanfaatkan dengan baik dan dengan mesin ini juga mitra mengatakan dengan mesin ini dapat meningkatkan income mitra,”. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW