Close

" The Character Building University "

AISTEEL 2021 : Kecerdasan Buatan untuk Inovasi Pengetahuan Konten Pedagogis Teknologi

Menyahuti perkembangan teknologi, dunia industry dan dunia kerja, Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan mengadakan Seminar Internasional yaitu The 6th Annual International Seminar on Transformative Educational Leadership (AISTEEL) dengan tema “Learning Revolution: Artificial Inteligence to Innovate Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)”. Seminar ini didakan secara Daring dengan munggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Live Youtube pada Selasa (21/09).

Seminar ini juga mengundang narasumber dari berbagai negara, yakni Prof. Emmanuel Manalo (Professor of Educational Psychology Kyoto University – Japan), Assoc. Prof. Kok-Sing Tang (Leads of STEM Education, Curtin University – Australia), Prof. Kalle Juuti (Department of Education Helsinki Institute of Sustainability Science, University of Helsinki – Finlandia) dan Assoc. Prof. Yuri Uesaka (Center for Research and Development of Higher Education, University of Tokyo – Japan).

Seminar ini dibuka langsung Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes., dan dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, Direktur dan Ketua Lembaga dilingkungan Universitas Negeri Medan. Juga diikuti 191 peserta baik dari dosen, peneliti dan mahasiswa.

Rektor Dr. Syamsul Gultom dalam pembukaan acara menyampaikan apresiasi dan terima kasih untuk acara seminar Internasional ini, “Melalui forum ilmiah yang terhormat ini, kami selaku pimpinan universitas, menyampaikan ribuan terima kasih atas terlaksananya kegiatan baik ini, dan juga menyampaikan terima kasih kepada semua keynote speaker dan narasumber yang telah bersedia menjadi pemateri yang nantinya akan menyampaikan paparan materinya kepada kita semua dalam Seminar Internasional ini”.

“Semoga kita semua yang hadir di acara seminar internasional ini, selaku akademisi, peneliti dan professional, dapat menyesuaikan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar kerja. Sebagai lembaga Pendidikan tinggi, kita harus mampu berinovasi, berkreasi dan berkolaborasi dalam bidang artificial intelligence, technological pedagogical content knowledge dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat”, lanjut Rektor.

Prof. Emmanuel Manalo sebagai narasumber membahas tentang Pandangan Guru tentang apa yang penting dalam pembelajaran dan strategi penilaian yang digunakan, “Cara mengajar dan belajar yang efektif yakni guru perlu mencari tahu apakah siswanya sudah tahu dan menyesuaikan pengajaran mereka, tetapi guru tidak selalu melakukan ini. Sebaliknya, mereka biasanya hanya mengikuti rencana pelajaran mereka. Siswa perlu mengetahui apa tujuan mereka untuk belajar, bagaimana mereka maju ke arah tujuan tersebut, dan bagaimana mereka dapat meningkatkan atau membuat penyesuaian, sehingga mereka akan mencapai tujuan tersebut. Tetapi siswa sering tidak memahami tentang semua ini. Mereka sering tidak tahu apa yang seharusnya mereka pelajari dan mengapa, mereka hanya menerima skor tes mereka untuk umpan balik dan mereka sering tidak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk meningkatkan.

Lanjut Prof. Manalo, “Penilaian paling sering dianggap sebagai evaluasi atau tes yang diberikan setelah pengajaran selesai, tetapi ini adalah salah satu jenis penilaian sumatif. Tindakan yang memandu proses belajar mengajar sebelum akhir pengajaran juga dapat melibatkan bentuk penilaian lain yang sangat penting, yaitu penilaian formatif. Penilaian formatif memantau pembelajaran siswa untuk memberikan umpan balik yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan pengajaran mereka dan oleh siswa untuk meningkatkan pembelajaran mereka dan untuk mempromosikan pembelajaran tersebut”.

Seminar ini juga diikuti pemateri berasal dari berbagai instansi Pemerintah dan Perguruan Tinggi Swasta serta Lembaga, Akademi, dan Sekolah. Beberapa dari mereka adalah mereka yang telah ujian dan akan ujian akhir baik pada jenjang magister maupun doktor. Terdapat 120 artikel, beberapa di antaranya disajikan secara lisan dalam sesi paralel, dan lainnya adalah disajikan melalui poster. Artikel akan ditinjau dan diterbitkan oleh Atlantis Press di Belanda. (Humas UNIMED/bg).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW