Close

" The Character Building University "

Mahasiswa UNIMED Ciptakan Aplikasi Augmented Reality untuk Tingkatkan Budaya Membaca

Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) berhasil menciptakan aplikasi AR (Augmented Reality) berbasis Android yang diberi nama SMART AR MATHEMATICS BOOK. Pembuatan Aplikasi AR ini merupakan hasil dari pemikiran mahasiswa yang mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemdikbud Dikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2021.

Adapun Tim PKM-PM yang menciptakan aplikasi tersebut terdiri dari Ryan Ananda Nolly sebagai ketua dan anggota Rohwandi (Pendidikan Matematika), Nur Annisa Husna (Pendidikan Matematika), Razid Ananda Siregar (Pendidikan Matematika) dan Jeremia Manurung (Ilmu Komputer). Dalam pembuatannya Tim PKM-PM dimbimbing oleh Dosen pendamping Andrea Arifsyah Nasution, S.Pd., M.Sc.

Selama kegiatan, Tim PKM-PM melakukan riset dan mulai pembuatan aplikasi hingga akhirnya melakukan pendampingan dan sosialisasi kepada mitra. Mitra tim tersebut adalah SD SWASTA PRESTIGE BILINGUAL SCHOOL yang berlokasi di Jalan Bromo No. 224, Kel. Binjai, Kec. Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara.

Ketua Tim Ryan berharap dengan menggunakan aplikasi SMART AR MATHEMATICS BOOK ini dapat membantu guru dalam mengatasi tingkat literasi numerasi dan motivasi untuk mempelajari budaya lokal yang rendah, membantu siswa dalam menumbuhkan minat berliterasi numerasi dan literasi dasar lainnya, dan pengembangan media seperti ini dapat dijadikan sebagai pelengkap fasilitas media pembelajaran bagi siswa SD Swasta Prestige Bilingual School yang dapat membantu pengenalan teknologi yang sudah berkembang hingga saat ini dalam mendukung Gerakan Literasi Nasional.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW