Close

" The Character Building University "

FIP UNIMED Tingkatkan Kualitas Karya Ilmiah Dosen Mahasiswa melalui Aplikasi Mendeley

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan melalui Wakil Dekan Bidang Akademik selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Mendeley dalam Karya Ilmiah. Kegiatan pendampingan dilakukan secara daring. Seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan sangat antusias mengikuti acara ini biarpun dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Tessa Simahate, S.Sos, M.Ikom yang merupakan Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Medan dan Artha Mahindra Diputera, M.Pd yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Pendampingan penggunaan aplikasi Mendeley dibuka oleh Dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Nani Barorah Nasution, S.Psi., M.A., Ph.D. Dalam sambutannya disampaikan agar seluruh dosen dan mahasiswa dapat meningkatkan sitasi dan publikasi karya ilmiahnya. Peningkatan sitasi dan publikasi sudah tertuang dalam SOP penulisan Skripsi, sehingga penggunaan aplikasi Mendeley diharapkan dapat mendukung dan mempermudah kebijakan tersebut.

Kegiatan pendampingan diketuai oleh Mahfuzi Irwan, S.Pd., M.Pd sebagai Ketua Pelaksana. Dalam laporannya disampaikan bahwa jumlah peserta sebanyak 392 orang yang terdiri atas Guru Besar, Dosen, dan mahasiswa tingkat akhir di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan. Peserta dibagi dalam beberapa ruang, setiap ruang sudah disiapkan pendamping atau mentor dalam menggunakan Aplikasi Mendeley. Kegiatan diawali dengan pemaparan materi tentang cara mengakses repository dan jurnal berlangganan yang disampaikan oleh Ibu Tessa Simahate,S.Sos,M.Ikom dalam pengantar materinya beliau mengapresiasi kegiatan ini karena FIP menjadi yang pertama sekali memberikan kesempatan kepada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Medan untuk memaparkan cara mengakses repository dan jurnal berlangganan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang Mendeley secara umum yang disampaikan oleh Bapak Artha Mahindra, setelah itu dosen dan mahasiswa masuk ke dalam room masing masing sebagaimana yg di room masing masing dosen dan mahasiswa didampingi oleh Instruktur yang sudah disiapkan panitia yang berasal dari kalangan dosen FIP sendiri.

Antusias peserta terlihat dalam sesi diskusi dan pendampingan. Banyak peserta masih mengikuti hingga akhir kegiatan, karena pelatihan dan pendampingan menggunakan Aplikasi Mendeley ini memang sangat dibutuhkan sesuai perkembangan teknologi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Kegiatan ditutup oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Yusnadi, M.S., yang menyampaikan bahwa gagasan menyelenggarakan kegiatan ini sangat luar biasa, dengan dukungan pada Guru Besar, Dosen, dan Mahasiswa sebagai permulaan dan mampu memberikan dampak terhadap kemamuan untuk melakukan sitasi dalam penulisan tugas akhir atau karya ilmiah. Diharapkan seluruh peserta dapat terus mengasah kemampuan dan memberikan pendampingan lebih intensif kepada seluruh mahasiswa. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW