Close

" The Character Building University "

Prodi Pend. Basindo FBS UNIMED Gelar Seminar Nasional PBSI IV

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED menyelenggarakan Seminar Nasional PBSI IV mengambil tema “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar,” pada Kamis (29/7), yang diadakan secara daring melalui zoom meeting.

Seminar nasional kali ini mendatangkan berbagai pembicara yang kompeten di bidangnya seperti Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Unimed Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum dengan tema “Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal”, Guru Besar Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Andayani, M.Pd. dengan tema “Pendidikan Karakter”, dan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd dengan tema “Metode Penelitian untuk Inovasi Pembelajaran”.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Unimed Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum mengatakan seminar ini kesempatan bagi kita bersama dalam menambah pengetahuan kita dalam bahasa khususnya dalam Bahasa Indonesia dan mari kita galih dan eksplor pengetahuan dari masing – masing narasumber yang luar bisa ini. Semoga kegiatan ini dapat berdampak positif dan bermanfaat bagi dosen, guru maupun pendidik yang mengampu bidang studi Bahasa Indonesia.

Lanjut Dekan mengatakan Ekolinguistik diartikan sebagai interaksi Bahasa dengan lingkungan nya lewat penutur Bahasa. Pengertian lingkungan terutama mengarahkan pemikiran kepada semua petunjuk tentang dunia yang indeksnya disediakan oleh Bahasa. Bahasa yang hidup merepresentasikan fakta – fakta tentang alam, social dan budaya yang ada di lingkungan nya.

Dalam paparannya Prof.Andayani mengatakan Problema Pembelajaran Bahasa Indonesia pada era Pandemi karena mendatangkan berbagai problema dalam pembelajaran dan pendidikan di Indonesia. Seperti kita pahami bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia itu hakitnya belajar Bahasa. Harapannya mengarahkan peserta didik terampil berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan situasi formal maupun nonformal. Pada era sekarang ini situasi formal itu sudah bergeser.(Humas Unimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW