Close

" The Character Building University "

Tim PKM-PM UNIMED Beri Pelatihan Web Perpustakaan Digital di SMP N 5 Percut Sei Tuan, Deli Serdang

Perpustakaan merupakan salah satu tempat untuk berproses literasi dalam mencari ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini. Banyak hal dan pengalaman menarik yang dapat diperoleh jika rajin dalam membaca buku begitu juga bagi murid-murid disekolah agar mereka bisa memperloeh ilmu sebanyak-banyaknya sehingga mereka dapat berhasil di masa depan. Tetapi di masa pandemic Covid-19 dikarenakan aturan yang ketat mengenai pembatasan sosial dan penutupan sekolah yang pembelajarannya harus dilaksanakan secara daring, hal itu tentu menghambat muri-murid untuk mengakses perpustakaan sekolah. Untuk memjawab hal tersebut maka perpustakaan harus dihadirkan berbasis Web.

Berdasarkan permasalahan tersebut tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Web Perpustakaan Digital di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan, Deli serdang (26/07/2021).  Adapun tim PKM-PM UNIMED yang melaksanakan kegiatan ini yakni Megawati Sirait (Pendidikan Bahasa Inggris) selaku Ketua tim, dan anggota Erlina Pasaribu (Pendidikan Bahasa Inggris), Yesi Vriani Sitohang (Pendidikan Bahasa Inggris), Naomi Agustina Sinaga (Akuntansi Non-Dik), dan Peace Mary S. Manurung (Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer).

Kegiatan ini dibuka oleh Amril Tambunan M.Ag selaku wakil kepala sekolah SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dan dihadiri juga oleh beberapa Guru serta kepala bagian perpustakaan. Dalam sambutannya, Amril Tambunan yang juga menjabat sebagai PKS kurikulum menyampaikan “Kami berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini kedepannya semakin banyak mahasiswa yang sadar dan peduli akan kualitas pelayanan pendidikan di sekolah. Selain itu dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di perpustakaan SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan,”

Dalam kata sambutannya Dosen Pendamping Christine Natalia Helena S.Pd, M.Hum mengatakan “Pelayanan dalam sistem perpustakaan saat ini sudah selayaknya memanfaatkan kemajuan dari perkembangan teknologi. Sistem konvensional sudah tidak lagi efektif untuk tetap dipertahankan. Disamping sistem konvensional yang rentan mengalami kehilangan data buku juga sering sekali siswa kesulitan dalam menemukan buku. Sehingga, melalui permasalahan tersebut, tim memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi sekolah SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Dengan adanya Web Perpustakan Digital ini diharapkan menjadi percontohan bagi sekolah lain dan meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan di sekolah ini. Kegiatan ini nanti akan dilaksanakan sebanyak 8 kali dengan metode campuran yakni tatap muka dan daring,”.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pengklasifikasian buku serta pembuatan nomor panggil oleh tim PKM. Kemudian pengenalan serta pelatihan bagi petugas perpustakaan terkait penggunaan web perpustakaan.

Pada akhir kegiatan, Kepala Bagian Perpustakaan tidak lupa memberi tanggapan terkait kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa Tim PKM-PM. ”Kami berharap kepada mahasiswa agar kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja kami mohon agar adik-adik mahasiswa berkenan untuk terus membimbing petugas perpustakaan dalam menguasai web perpustkaan hingga mahir,”.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW