Close

" The Character Building University "

Wujudkan MBKM, PPKN FKIP ULB Jalin Kerjasama dengan PPKN FIS UNIMED

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (FIS Unimed) dan Prodi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu (FKIP ULB) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) di ruang Dekan FIS Unimed pada Kamis, 22 Juli 2021. MoA ditandatangi oleh Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd dan Dekan FKIP ULB Ika Chastanti, S.Si., M.Pd kemudian dilanjutkan oleh Ketua Jurusan PPKn Unimed Arief Wahyudi, S.H., M.H dan Rohana, M.Pd selaku Ketua Prodi PPKn FKIP ULB.

Turut hadir pada penandatanganan tersebut dari pihak UNIMED yakni Dr. Tappil Rambe, M.Si (Wakil Dekan I FIS Unimed), Dra. Flores Tanjung, MA (Wakil Dekan II FIS Unimed), dan Dr. Erond L. Damanik, M.Si (Wakil Dekan III FIS Unimed). Sedangkan dari FKIP ULB hadir Khairul Ritonga, MH (Ketua TIM Penyusunan Kurikulum MBKM PPKn ULB).

Rohana menjelaskan bahwa MoA ini diinisiasi oleh PPKn ULB dan direspon yang secara positif oleh Jurusan PPKn Unimed sebagai mitra strategis kerjasama pengembangan masing-masing Prodi. Arief menambahkan bahwa kerjasama berbasis kemitraan adalah kebutuhan masing-masing Prodi dan dengan telah ditandatanganinya MoA ini maka kerjasama penyelenggaraan berbagai kegiatan akan lebih mudah dilakukan.

Terdapat empat pokok utama kerjasama yang disepakati, yakni: peningkatan dan pengembangan mutu tri dharma perguruan tinggi; pengembangan dan penyempurnaan kurikulum Merdeka Belajara Kampus Merdeka (MBKM); pelaksanaan penelitian, penulisan karya ilmiah dan pengembangan jurnal; dan penyelenggaraan kegiatan ilmiah bersama.

Pada kesempatan yang sama Dekan FIS UNIMED Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. menyampaikan kata sambutan bahwa semestinya MoA yang telah ditandatangani tidak berakhir hanya di atas kertas tetapi ditindaklanjuti dengan pelaksanaan berbagai bentuk kegiatan yang telah disepakati. Hal senada juga disampaikan oleh Dekan FKIP ULB Ika Chastanti, S.Si., M.Pd, dengan penegasan bahwa kurikulum MBKM yang sedang disusun oleh Prodi PPKn FKIP ULB akan mengacu kepada kurikulum yang dikembangkan oleh Jurusan PPKn FIS Unimed dan memunculkan kekhasan keilmuan PPKn sebagai ciri khusus Prodi PPKn di FKIP ULB. Kegiatan penandatangan MoA ditutup dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing pihak. (Humas UNIMED/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW