Close

" The Character Building University "

Rektor UNIMED Berangkatkan Mahasiswa Peserta KKN 2021

Univeristas Negeri Medan gelar acara Pemberangkatan Mahsiswa Unimed Peserta KKNI 2021 dengan tema “Revitalisasi Desa di Era New Normal Menuju Indonesia Emas 2045″‘yang dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meerting dan Live Youtube yang dilaksanakan pada Kamis (22/07).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dan dihadiri Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, para Wakil Rektor Unimed, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga dan Kepala Biro, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan dosen di lingkungan Unimed. Juga hadir para Bapak/Ibu Lurah/Kepala Desa Mitra Pelaksanaan KKN Mahasiswa Unimed dan seluruh mahasiswa Unimed yang akan melaksanakan KKN pada tahun 2021.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. menyampaikan kata sambutannya pada pembukaan acara, “Kami menyampaikan terima kasih kepada para Pemerintah Desa atau Kelurahan sebagai Mitra yang telah menerima mahasiswa kita dalam pelaksanaan KKN yang merupakan salah satu perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi. Kita berharap semua mahasiswa yang akan mengikuti KKN tahun ini segera berkoordinasi dengan dosen DPL dan bersinergi dengan Kepala Desa/Lurah dimana saudara akan KKN, susunlah program kerja yang dapat menyahuti ketercapaian tema pelaksanaan KKN. Setidaknya semua kegiatan harus memberikan manfaat dalam penanganan dan pencegahan penularan COVID-19 di Desa/Kelurahan dimana saudara akan melaksanakan KKN. Selanjutnya kegiatan-kegiatan yang produktif dan kreatif dalam membangun karakter dan skill generasi muda menuju Indonesia Emas 2045”.

Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. pada sambutannya meyampaikan, “kita mengharapakan kepada Mahasiswa yang mengikuti KKN ini memprioritaskan bagaimana mendidik, mengedukasi, mengasistensikan, mengadvokasikan dan memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang COVID-19 dan cara menanggulanginya. COVID ini merupakan dari kesadaran individu menjadi kesadaran kelompok untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dimana daya tahan tubuh ini merupakan pola hati, pola pikir, pola makan, pola istirahat dan olahraga yang baik. Dari situlah kita bisa bergeser kepada 5M. Maka mahasiswa kita ini mestinya berhasil untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan harus senantiasa berkonsultasi dengan Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan semuanya. Dan dianjurkan pepada mahasiswa jangan mengambil tindakan sebelum diskusi baik-baik denga Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat disana, dan jangan sampai kontra produktif baik sikap, ucapan dan hal-hal yang tidak sesuai dengan kultur.

Jamalun Purba sebagai koodinator pelaksaan KKN 2021 menyampaikan Tujuan KKN untuk mengembangkan kompetemsi mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang telah dimiliki, sehingga mampu merancang dan melaksanakan program yang dapat mencegah penyebaran dan penanganan dampak COVID 19 di masa New Normal pada masyarakat sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.

KKN merupakan mata kuliah wajib yang menjadi kegiatan intrakurikuler dengan bobot 3 SKS, sejak diberlakukannya kurikulum KKNI di Universitas Negeri Medan bagi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan dan Non Kependidikan dengan jumlah mahasiswa Unimed yang mengikuti KKN tahun 2021 sebanyak 4134 orang dari 7 Fakultas yang tersebar pada 54 Program Studi, yang dibimbing oleh 345 DPL. Wilayah KKN tersebar pada 11 Propinsi, 73 Kabupaten/Kota pada 1165 Desa/Kelurahan. (Humas Unimed/bg).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW