Close

" The Character Building University "

Prodi Magister Fisika PPs UNIMED Gelar Webinar Kompetensi Kebutuhan Sainstis dalam Era Society 5.0

Prodi Magister Fisika Pascasarjana Unimed mengadakan webinar dengan mengusung tema “Kompetensi Kebutuhan Saintis dalam era society 5.0” secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada Sabtu (17/7/2021). Webinar menghadirkan dua Narasumber yakni Prof.Dr. Sahyar, MS.,MM (Wakil Direktur I Pascasarjana sekaligus Dosen Fisika) dan Andar S Gultom, Ir., M.Pd (Service Manager Sumatera PT. Endress Hauser Indonesia).

Kegiatan ini diawali kata sambutan dari Ketua Panitia Dr. Rita Juliani, M.Si dan dibuka oleh Prof. Dr. Makmur Sirait, M.Si selaku ketua prodi dan dihadiri ketua/sekretaris prodi magister serta Dosen-dosen beserta Alumni Fisika.

Prof. Dr. Makmur Sirait, M.Si dalam sambutannya menyatakan “Prodi Magister Fisika merupakan salah satu prodi baru tingkat Magister di UNIMED, Prodi Magister Fisika ini berbasis indsutri yang sekaligus menjadi pembeda dengan Prodi Magister Fisika di Universitas lain dengan harapan mampu menyediakan kompetensi saintis dalam era society 5.0 sesuai dengan tema webinar ini”

Prof.Dr. Sahyar, MS.,MM dalam paparannya mengatakan “Sukses dalam era Society 5.0 sekarang harus  menguasai 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) dan untuk Menuju Indonesia emas 2045 akan dibutuhkan kemampuan untuk berpikir emas juga. Kemampuan untuk berpikir emas dapat dibagi menjadi 2 fase yakni pada fase 1 (teori segitiga; Skill-Waktu-Uang) yang integrasi ketiganya tidak bisa dilepaskan dan berpikir emas fase 2 (teori segitiga; Sains-Teknologi-Bisnis)”

Andar D.Gultom selaku pemateri kedua mengatakan bahwa “Fisika memiliki peran yang besar dibidang industri.  Industri fisika bisa diterapkan di pertambangan, farmasi, PLN, STIM, pabrik, perminyakan, Gas, perairan dan industri lainnya. Setiap industri memiliki grup instrumen yang didasari oleh ilmu fisika, sehingga sumber daya manusia yang dibutuhkan di bidang industri tak hanya lulusan engineer atau bidang khusus lainnya, namun lulusan fisika juga sangat dibutuhkan.”. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW