Close

" The Character Building University "

FBS UNIMED dan FPBS UPI Kolaborasi Gelar Webinar Bahas Kajian Semiotika

Program Studi Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Medan bekerjasama dengan Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia Depdiksatrasia FPBS Universitas Pendidikan Indonesia menggelar webinar Program MBKM Kajian Semiotika dengan tema “Membaca Tanda Menyerap Makna”.Acara yang dilaksanakan pada Kamis (17/06), mengundang narasumber Prof. Dr. Aceng Ruhendi Saefullah, M. Hum. (Semiotik untuk Analistik Linguistik Forensik: Menuju Merdeka, Cerdas, dan Santun Berbahasa) dan Mara Untung Ritonga, S.S., M.Hum., Ph.D. (Eko-Semiotik: Studi tentang Tanda-Tanda Budaya Melayu).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dekan FBS Unimed Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum, Dekan FPBS UPI Prof. Dr. Tri Indri Hardini, M.Pd. Jajaran Wakil Dekan, Fungsionaris dan Dosen serta Mahasiswa di Linkungan UNIMED dan UPI.

Dekan FBS unimed Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum. mengapresiasi kegiatan seminar yang di gelar oleh Prodi Prodi Bahasa Sastra Indonesia FBS Unimed dan Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia Depdiksatrasia FPBS UPI. “Kami mengucapkan terimakasih kepada suluruh panitia atas loyalitas nya sehingga kegiatan ini berlangsung dengan baik, tidak hanya kajian keilmuwan tapi silahturahmi antara kita selama satu tahun ini sangat minim untuk itu saya sangat menghargai inisiatif ini sebagai forum kita bertatap muka,” ujarnya.

“Tema ini merupakan gambaran kepada kita pentingnya membaca tidak hanya tersurat tapi yang lebih penting tersirat. Kajian semiotika ini menjadi landasan keilmuan dalam kajian makna dalam berbagai bidang khususnya bahasa dan seni. Untuk itu kajian semiotika ini FBS unimed menjadikan kajian ini sebagai mata kuliah FBS. Untuk itu dalam kesempatan ini turut hadir 2 narasumber kita yang akan menjelaskan dan akan menjadi momen yang sangat penting bagi kami di unimed untuk menambah hasanah keilmuwan dalam mata kuliah fakultas yang mnjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa FBS,” jelas Dekan FBS UNIMED.

Dekan FPBS UPI Prof. Dr. Tri Indri Hardini, M.Pd. juga turut mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini adalah wujud sinergi dan kolaborasi 8 PTN yang sangat bermanfaat. semoga webinar ini dapat memperluas dan memperdalam wawasan serta keterampilan Mahasiswa dalam kajian tanda dan makna dalam kaitannya dalam berbagai fenomena humaniora. Kajian semiotika ini merupakan bahasan penting yang disampaikan oleh narasumber FPBS UPI yang baru saja kemarin dikukuhkan Prof. Aceng dan Bapak Mara Untung dari Unimed. Materi yang dijelaskan oleh narasumber semoga dapat memperkaya wawasan kita dalam membaca tanda dan menyerap makna.

Dalam paparannya, Mara Untung Ritonga Ph.D mengatakan saya mengambil topik ekosemiotik bersistemkan budaya melayu. Dalam konteks merdeka belajar, kampus merdeka beberapa bidang ilmu tidak lagi berdiri sendiri selalu berkaitan secara inter maupun multi disiplin bahkan sampai trend disiplin. Ini merupakan perwujudan dari adanya aktualisasi kebebasan berpikir pada tingkat akademik. Merdeka implementasinya kita boleh mempelajari apapun yang ada di dunia maya ini selama tidak keluar dari koridor prinsip-prinsip ilmiah. Mahasiswa dibekali disesuaikan dengan apa minat mereka tapi tidak keluar dari disiplin ilmu yang di pelajarinya itu sebabnya kita harus mengembangkan kembali kurikulum atau mata kuliah yang bisa memberikan kontribusi terhadap penelitian atau hasil karya mahasiswa tersebut.

Prof. Aceng memaparkan dalam materinya Ada ruang untuk melakukan analisis semiotik terutama dalam melakukan pembacaan terhadap tanda. Diharapkan dengan pemahaman semiotik ini dapat mewujudkan suatu penggunaan bahasa yang merdeka, cerdas, dan santun sesuai dengan visi saya dalam materi ini. Bersamaan dengan perkembangan teknologi, ruang virtual merupakan ruang yang luar biasa terhadap semakin meluas dan mendalamny perbudakan makna. Ada yang optimis dan pesimis terutama berkaitan dengan posisi bahasa.

Selaku Ketua Prodi Bahasa Sastra Indonesia FBS Unimed Dr. Oky fardian Gafari, M.Hum menyampaikan terimakasih kepada panitia yang sudah bekerja keras untuk kegiatan ini sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan apresiasiasi kepada para Dekan baik Dekan FBS Unimed maupun FPBS UPI serta 2 narasumber yang luar biasa Prof. Aceng dan Bapak Mara Untung Ritonga. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu serta wawasan untuk para akademisi juga mahasiswa dan juga menjaga tali siturahmi antara Unimed dan UPI di masa pandemi Covid-19.(Humas Unimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW