Close

" The Character Building University "

UNIMED Evaluasi Pelaksanaan SNMPTN 2021

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021 telah sukses dilaksanakan pada zona Universitas Negeri Medan. Sebanyak 1500 peserta dari 23.209 pendaftar telah diterima oleh Universitas Negeri Medan. Untuk mengevaluasi kembali seluruh pelaksanaan SNMPTN 2021 serta untuk mempersiapkan pelaksanaan SNMPTN 2022, Universitas Negeri Medan mengadakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan SNMPTN 2021 di Hotel Le Polonia, Medan (15/06/2021). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 15 – 17 Juni 2021.

Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes ketika membuka acara menyampaikan “Hari ini kita bersyukur karena pelaksanaan SNMPTN dan UTBK SBMPTN di kampus kebanggaan kita dapat terlaksana dengan baik dan tidak ada permasalahan. Hingga kita saat ini melaksanakan rapat evaluasi pelaksanaan SNMPTN Tahun 2021. Keberhasilan kita melaksanakan semua proses SNMPTN dan SBMPTN, tidak lepas dari kerja keras dan tanggungjawab kita masing-masing dalam pelaksanaan semua proses yang lalu. Kita tahun ini tinggal melaksanakan Seleksi Mandiri yang saat ini sedang proses pendaftaran. Mari kita laksanakan Seleksi Mandiri ini dengan baik, dan semoga semua prosesnya tetap berjalan dengan aman dan sukses. Amiin,”.

“Pelaksanaan rapat evaluasi SNMPTN 2021 yang kita laksanakan, walau tidak ada permasalahan yang menghambat. Mari kita diskusikan kembali semua rangkaian kegiatan SNMPTN yang sudah kita laksanakan dikegiatan evaluasi ini. Kita kaji kembali apakah ada yang perlu kita tingkatkan pelaksanaan untuk perbaikan di tahun 2022. Terutama proses penilaian portofolio bagi peserta SNMPTN yang memilih Prodi Seni dan Olahraga. Pelaksanaan evaluasi SNMPTN 2021 yang kita laksanakan ini harus kita arahkan untuk perbaikan dan efektivitas proses SNMPTN tahun 2022. Jika kita bersama bisa mengevaluasi pelaksanaan SNMPTN yang sudah kita laksanakan, tentunya akan berdampak baik bagi perbaikan proses seleksi di tahun 2022 yang akan datang,” ujar Rektor.

Wakil Rektor I Dr. Restu, M.S., dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan SNMPTN 2021 telah dilakukan sosialisasi oleh HUMAS secara Daring. “Pada tahun sebelumnya dalam hal sosialisasi kita mengirimkan dosen langsung ke setiap daerah sedangkan pada tahun ini dikarenakan pandemi Covid-19 maka sosialisasi dilakukan secara daring dengan menghadirkan sekolah-sekolah dari Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Akibat dari sosialisasi yang kita lakukan secara daring pendaaftar UNIMED naik secara signifikan,” jelas Dr. Restu.

Lanjutnya Dr. Restu juga mengapresiasi dosen yang telah bertugas menilai portofolio yang dikirimkan para pendaftar. “Kedepan saya berharap kepada para dosen penilai portofolio agar dapat diperkuat penilaiannya karena mereka dapat bekerja di jalur penerimaan yang lain yakni Mandiri. Bagi Tim IT telah bekerja sesuai standar yang berlaku. bagi para kepala sekolah yang telah diberi kepercayaan oleh LTMPT untuk memilih siswa yang layak untuk masuk ke UNIMED diharapkan kedepannya dapat lebih selektif dalam memilih siswa tentang pilihannya ke UNIMED, karena kami melihat ada calon mahasiswa yang tidak mendaftar kembali di UNIMED, tentu hal tersebut sangat disayangkan mengingat banyak sekolah lain yang sangat meninginkan ini,” ujar Dr. Restu.

“kami pimpinan UNIMED juga telah membahas bahwa UNIMED membutuhkan calon mahasiswa yang berprestasi di sekolah untuk masuk ke UNIMED khususnya jurusan keguruan, hal ini agar kita dapat menghasilkan guru yang berkualitas untuk membangun negeri ini. Kepada para kepsek kami juga berharap agar dalam rapat evaluasi ini nantinya dapat menyampaikan saran dan masukan yang membangun sehingga kami mengetahui apa saja keinginan dari siswa dan orang tua siswa,” tutup Dr. Restu.

Kegiatan Rapat Evaluasi Pelaksanaan SNMPTN 2021 di Universitas Negeri Medan turut dihadiri oleh Ketua Senat UNIMED, Jajaran Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Direktur PPs, Wakil Dekan, Dosen penilai portofolio, kepala sekolah Se-Sumut, Tim IT UNIMED.(Humas UNIMED/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW