Close

" The Character Building University "

Rakor PPG Daljab Angkat I : PPG Harus Dapat Wujudkan 7 Tujuan Pembelajaran

Universitas Negeri Medan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan PPG dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2021. Narasumber kegiatan ini Ketua UKMPPG Kemdikbud Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang juga selaku Ketua Senat Unimed. Kegiatan dilaksanakan di Ballroom Le Polonia Hotel Lantai 1 dengan menerapkan protokol kesehatan pada Selasa, (08/06/2021). Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, ikut hadir di pembukaan para Wakil Rektor, Jajaran Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Ketua Prodi dan Dosen di Lingkungan Unimed serta para peserta PPG.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh rangkaian PPG telah kita lakukan dengan baik . Sesuai laporan ketua panitia tadi bahwa saat ini mahasiswa PPG kita sedang melakukan PPL. Seluruh rangkaian kegiatan ini tentunya sudah kita lakukan dengan pedoman saat ini. Tujuan Rapat Koordinasi ini adalah untuk melakukan refleksi dan sekaligus mengevaluasi pembelajaran PPG yang sedang berlangsung saat ini sehingga nanti ada saran dan perbaikan PPG yang berlangsung saat ini dan kedepan.

Lanjut Rektor, akan ada kita lakukan penyamaan persepsi dan modul. Oleh karena itu saya berpesan kepada Bapak/Ibu Guru Pamong yang hadir agar melakukan pembimbingan dengan baik dan penuh tanggung Jawab. Kepada Bapak/Ibu Dekan, Ketua Prodi penyelenggara agar tetap mengawasi dan mengontrol jalannya PPG dengan sebaik mungkin. Kepada Bapak Ketua Senat untuk memberikan penguatan-penguatan, masukan agar PPG kedepan lebih baik.

Prof. Syawal Gultom, dalam pengantar materinya kepada seluruh peserta PPG menyampaikan bahwa kata kunci yang kita gunakan dalam PPG ini memang kita sub dari pemahaman yang sama, memahami, proses yang sama, punya tafsir yang sama terhadap proses ini, memahami tugas dan fungsi masing-masing, serta memahami target yang dicapai lewat PPG ini. PPG ini dianggap dapat mewujudkan 7 tujuan pembelajaran, yang pertama bagaimana guru menguasai materi maka muncul advance material muncul materi yang esensial dua kata itu digunakan pada materi tetapi indikatornya adalah kecukupan dan kesesuaian, keluasan dan kedalaman.Semakin banyak variable yang dimasukkan semakin sedikit materi esensialnya begitu sebaliknya.

Lanjut Prof.Syawal, guru-guru harus menguasai materi yang esensial. Variable yang harus dimasukkan adalah standar kompetensi lulusan, capaian pembelajaran lulusan, masukkan indikator dan tujuan pembelajaran. Intinya PPG adalah latihan profesi, profesi nya mendidik, melatih dan menilai. PPG di desain seperti penguasaan materi, perencanaan dan pelaksanaan serta penilaian. Advance material merupakan materi pengayaan. Sedangkan Essensial material merupakan materi inti/materi pokok ukurannya adalah standar kompetensi, tujuan pembelajaran dan indikator capaian. Sebagai Dosen di PPG di cek atau dipastikan terlebih dahulu apakah mahasiswa PPG ini penguasaan materinya sudah memadai atau tidak. Kedua pastikan apakah pengetahuan materi sudah cukup, pastikan bahwa guru mampu dan merancang rancangan tersebut.

Koordinator PPG Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si, mengatakan PPG dalam Jabatan Angkatan I telah dilaksanakan sejak tanggal 12 April 2021 untuk 8 Prodi dan totalnya 7 Guru Kelas SD hingga Guru Kelas PAUD, Bimbingan Konseling, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Bahasa Inggris, Kimia, dan Bisnis Pemasaran. Total PPG dalam Jabatan angkatan I adalah 549 peserta. Rangkaian PPG dalam Jabatan Tahap I meliputi beberapa tahapan yaitu orientasi akademik, pendalaman materi, perangkat pembelajaran, uji komperhensif, PPL dan Ukin PPG.(Humas Unimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW