Close

" The Character Building University "

Rencana Tindak Agen Perubahan FMIPA UNIMED Menuju ZI WBK/WBBM

FMIPA Unimed Mengadakan Sosialisasi dan Rencana Tindak Agen Perubahan FMIPA Unimed (8/6). Acara ini berlangsung secara online dan dihadiri oleh Rektor Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes Ketua Senat Prof. Dr. Syawal Gultom,M.Pd. , beserta Wakil Rektor I, II, III, IV, juga dihadiri Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan di lingkungan Unimed dan.Seluruh Peserta. Acara ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Monev Pembangunan Zona Integritas ( ZI ) di FMIPA Unimed

Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. pada pembukaan kegiatan menyampaikan, ’’kegiatan ini merupakan rangkaian upaya kita, Universitas Negeri Medan dalam rangka mengusulkan FMIPA Unimed menuju WBK yang prosesnya akan dilakukan oleh Tim RBI KEMDIKBUDRISTEK, dan penilaian akhir akan dilakukan Tim MENPAN-RB. Kami pimpinan Unimed, sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini. Semoga ini menjadi langkah yang terbaik dalam mensukseskan FMIPA Unimed meraih predikat WBK dari Menpan-RB. Walau kita ketahui bahwa esensi dari Tindak Agen Perubahan adalah suatu hal yang baik dan harus kita lakukan dalam hidup ini. Yakni kita tetap melakukan perubahan dalam hidup ini menuju hal yang baik. Berubah menuju hal yang baik itu suatu keharusan,”.

“Jika kita semua warga Unimed memiliki sikap baik seperti ini, yakni aktif melakukan upaya diri untuk menuju perubahan yang baik, terutama dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kita semua. Pasti akan ada perubahan menuju kemajuan dan mencapai prestasi yang membanggakan kita bersama. Begitu juga, melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim ZI FMIPA. Semoga Rencana Tindak Agen Perubahan FMIPA dengan menghadirkan berbagai pihak, termasuk pihak eksternal, dapat mensukseskan FMIPA Unimed meraih predikat WBK dari Menpan-RB. Setelah terwujud harapan kita bersama ini, kita akan jadikan FMIPA Unimed’ sebagai pilot projek mempersiapkan semua fakultas di Unimed kita usulkan ke KemendikbudRistek, sama-sama meraih WBK dari Menpan-RB,” ujar Rektor.

Ketua Senat Universitas negeri medan Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd menyampaikan dalam pemahaman kita semua bahwa penetapan zona integritas bukan sekedar untuk menerapkan hal-hal yang berbau tentang gratifikasi, korupsi, bukan sekedar tentang itu saja tetapi ini sebuah pintu masuk untuk melakukan perubahan secara komprehensif di FMIPA Unimed karena Fmipa ini merupakan percontohan dari segala lini sektor perubahan secara menyeluruh, perubahan program, perubahan target, perubahan tata kelola. Tata kelola di FMIPA sudah di evaluasi dan saya berharap kita semuanya mendukung supaya ini benar-benar berhasil. Bila Unimed berhasil dalam hal ini maka kita adalah perguruan tinggi pertama yang berhasil menerapkan ini.

Dr. techn. Marini Damanik, S.Si., M.Si. sebagai ketua zona integritas menyampaikan untuk mencapai perubahan paradigma mindset harus mengupayakan “The Man Behind The Gun” secanggih apapun suatu senjata tidak ada gunanya kalau tidak ditarik oleh seseorang yang kompeten maka diperlukanlah motor penggerak pemimpin perubahan. Dan kegiatan ini merupakan suatu langkah sosialisasi dan rencana tindak agen perubahan dan tugas agen perubahan yaitu mengajak dan menggerakkan revormasi birokrasi yang lebih penting dalam menciptakan zona integritas menuju wilayah WBK dan WBBM.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si dalam sambutannya mengatakan agen perubahan ini merupakan bagian dari komponen manajemen perubahan di dalam Zona Integritas. Zona integritas merupakan bagian dari reformasi birokrasi unimed. Reformasi birokrasi seperti yang kita ketahui merupakan perubahan yang terencana dan dalam prosesnya perlu dukungan dari pimpinan organisasi. Harapannya seluruh manajemen perubahan yang ada di lingkungan FMIPA penataan laksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan dan penguatan pelayanan public nantinya akan menjadi habbit bagi kita semuanya dilingkungan Unimed.(Humas UNIMED/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW