Close

" The Character Building University "

Mahasiswi Prodi Pend. Bahasa Inggris FBS Unimed Terpilih Sebagai Duta Bahasa SUMUT 2021

Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unimed, Theresia Mahdalena Br Sidauruk menjadi pemenang Duta Bahasa Sumatera Utara tahun 2021 dan akan melangkah menuju tingkat nasional mewakil Sumatera Utara. Acara pemilihannya berlangsung dari tanggal 7 Maret – 7 April 2021. Puncak pemilihan Duta Bahasa tersebut dilaksanakan di Hotel Emerald Garden Medan pada Minggu (30/5).

Sesuai dengan namanya Duta Bahasa merupakan program rutin tahunan Balai Bahasa Sumatera Utara. Pada tahun ini mengangkat tema Literasi, yang diikuti 245 peserta yang diikuti dari berbagai kota dan kabupaten.

“Pemilihan duta ini berdasarkan penilaian dari beberapa bulan selama mereka mengikuti kegiatan, jadi kami berharap semoga duta utama ini menjadi yang terbaik nantinya ketika berangkat ke ajang Duta Bahasa Nasional. Melalui Duta Bahasa Sumut ini juga nantinya akan mengembangkan bakat anak muda yang millenial melalui praktik-praktik literasi bahasa dan sastra,” kata Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Sumut 2021 Medtolia Jurlianti, S. S, di Hotel Emerald Garden Medan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara Dr. Maryanto, M. Hum agar Duta Bahasa dapat melibatkan generasi muda rupawan karena bahasa dalam menjaga tonggak-tonggak kebangsaan dari Provinsi Sumatera Utara sebagai wilayah penguatan akar bahasa Indonesia. “Mereka diharapkan memiliki kemahiran berbahasa, yang sikap dan perilakunya dapat dijadikan teladan untuk mengembangkan bahasa Indonesia dan membentuk karakter serta menumbuhkan rasa nasionalisme sebagaimana duta pergerakan nasional dari Sumut, yakni Sanusi Pane yang sedang diusung oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Maryanto juga mengatakan para duta bahasa yang terpilih akan menjadi mitra kerja Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara dalam memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta menjadi Duta Bahasa Provinsi Sumatera Utara pada tingkat regional dan nasional serta internasional,” tegasnya.

Diruang kerjanya, Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum. mengucapkan selamat dan rasa bangganya kepada Theresia Mahdalena Br Sidauruk yang berhasil menjadi Duta Bahasa Sumatera Utara Terbaik tahun 2021. Prestasi ini membanggakan dan mengharumkan nama FBS Unimed. Semoga menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus produktif dan mengembangkan potensinya, baik dalam berbagai kompetisi maupun prestasi akademik. Sehingga bisa berdaya saing dan meningkatkan eksistensi diri meraih berbagai prestasi. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW