Close

" The Character Building University "

Visitasi Prodi Pend. Akuntansi Dan D3 Teknik Mesin Mempertahankan “A” Serta Prodi Sastra Inggris Yakin “A”

Medan (Unimed) – Hampir mayoritas program studi dilingkungan Unimed di tahun 2016 ini disibukkan dengan persiapan dan pelaksanaan visitasi untuk akreditasi dari BAN-PT. Kegiatan akreditasi merupakan kegiatan rutin lima tahunan bagi suatu program studi dan institusi di setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Pelaksana akreditasi adalah asesor yang diutus oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang merupakan lembaga independen yang bertugas melaksanakan akreditasi semua program studi dan institusi suatu kampus. Akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk pengakuan atas kualitas dari sisi manajemen, sarana prasarana, kurikulum, SDM dosen, publikasi ilmiah, kerjasama dan prestasi mahasiswa. Bahkan berbagai lembaga lapangan kerja dalam proses penerimaan sudah mensyaratkan pagi pelamar harus berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi A dan B. Hal ini menerangkan bahwa nilai akreditasi tersebut sudah menjadi acuan suatu kampus berkualitas dan tidak.

Pada minggu ketiga bulan juni 2016 ini, tiga program studi yang telah meningkatkan kualitasnya di-visitasi oleh asesor, yakni : 1) Prodi Pendidikan Akuntansi FE yang dilaksanakan pada 13-14 Juni 2016, Ketua Prodi Dra. Effi Aswita Lubis, M.Pd, dengan Asesor Prof. Dr. Sutrisno, SE, Ak, M.Si, dari Univ. Brawijaya dan Dr. H. Cipto Wardoyo, SE, M.Pd, M.Si, Ak. CA. dari Univ. Negeri Malang. 2) Prodi Sastra Inggris FBS yang dilaksanakan pada 16-18 Juni 2016, Ketua Prodi Syamsul Bahri, S.S. M.Hum, dengan asesor Prof. Dr. H. Mohammad Adnan Latief, M.A, dari Univ. Negeri Malang, dan Prof. Drs. Burhanuddin Arafah, M.Hum, Ph.D, dari Univ. Hasanuddin Makassar. 3) D3 Teknik Mesin dengan asesor Ir. Purnomo, Ph.D., dan Suharyandi Pancono, M.T.

Proses akreditasi Program Studi yang sudah berlalu dan akan dilaksanakan oleh Tim Asesor BAN-PT tersebut melakukan asesmen terhadap borang dan evaluasi diri Prodi. Selain itu, juga mengecek semua dokumen terkait, melakukan wawancara langsung kepada dosenmahasiswa, stakeholders dan lulusan.

Akreditasi Pendidikan Akuntansi

Proses akreditasi kedua Prodi telah melalui beberapa tahap, diantaranya pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, pengiriman borang dan evaluasi diri ke BAN-PT Jakarta, dan visitasi langsung oleh tim asesor BAN-PT. Pelaksanaan visitasi ini diawali oleh pembukaan tim asesor BAN-PT dihadapan pimpinan fakultas dan fungsionaris jurusan/prodi yakni ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua prodi dan semua dosen. Selanjutnya dekan fakultas didampingi wakil dekan memaparkan borang dan evaluasi diri fakultas dan dilanjutkan paparan ketua Jurusan/Prodi terhadap borang dan evaluasi diri yang telah dikirim ke BAN-PT. Tim asesor juga melakukan wawancara langsung kepada dosen, pengguna lulusan (stakeholders), alumni dan mahasiswa.

Dekan kedua fakultas tersebut yakni Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Si, Ph.D, dan Dekan FBS Dr. Isda Pramuniati, M.Hum. Prof. Indra Maipita berpendapat, saya yakin Prodi Pendidikan Akuntansi akan dapat mempertahankan nilai akreditasi “A”. Dari isi borang dan evaluasi diri, serta kelengkapan dokumen yang ada, optimisme untuk mempertahankan nilai tersebut dapat kita capai. Optimisme tersebut tentu sangat berdasar karena dari semua indikator kita telah penuhi dengan baik. Kualifikasi dosennya sudah sangat baik, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dosen juga baik, prestasi dan kegiatan mahasiswa kita unggul, lulusan kita diserap diberbagai lapangan kerja, dan juga prestasi lainnya. Maka kita sangat optimis akan meraih nilai maksimal. Nilai ini sangat kita harapkan untuk terus mamajukan prodi dalam berkiprah memenangkan berbagai hibah nasional dan meraih prestasi yang membanggakan civitas, tutur Prof. Indra.

Syamsul Bahri, S.S, M.Hum, selaku Ketua Prodi Sastra Inggris mengatakan, sungguh luar biasa lelahnya mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, apalagi kita sedang berpuasa. Namun dengan kerjasama dan kekompakan tim taskforce semua kebutuhan telah kita siapkan dengan baik. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada setua tim yang terlibat yang telah sangat membantu dalam pelaksanaan visitasi prodi Sastra Inggris dan Prodi Pendidikan Akuntansi. Kita semua tim taskforce sangat optimis akan meraih nilai maksimal, karena seluruh indikator telah terpenuhi dengan maksimal. Semoga harapan untuk meraih nilai maksimal akan kita capai dengan keluarnya sertifikat akreditasi dari BAN-PT nantinya. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW