Close

" The Character Building University "

Puluhan Dosen dan Ratusan Mahasiswa Unimed Sukseskan Program MBKM melalui Kuliah Bersama

Perkuliahan Jurusan PJKR Universitas Negeri Medan diasuh oleh dosen PJKR Universitas negeri Padang Dr. Khairuddin, M.Kes., AIFO. dan dosen PJKR Unimed Dr. Hariadi, M.Kes, mengikuti kuliah bersama yang dilaksanakan secara daring melalui Platform Zoom Hari Senin (27/04). Perkuliahan dilaksanakan setiap minggunya sesuai jadwal yang telah ditetapkan bersama. Kegiatan ini merupakan wujud dari pertukaran dosen dan mahasiswa pada beberapa mata kuliah dalam semester Genap 2020/2021. Perkuliahan ini diawali melalui perjanjian kerjasama antar institusi yang telah disepakati beberapa waktu sebelumnya.

Ada puluhan dosen dan ratusan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan program permata sakti ini. Ratusan mahasiswa Unimed mengikuti perkuliahan dengan mengambil sejumlah mata kuliah sesuai KRS yang dimiliki mahasiswa di Prodinya, dan mereka kuliah satu semester di kampus-kampus terkemuka di Indonesia, seperti UI, ITB, IPB, UGM, Unpad, UPI, UNY, UB dan kampus top lainnya. Begitu juga ratusan mahasiswa dari kampus-kampus top juga kuliah di Unimed.

Pertukaran dosen dan mahasiswa ini dilakukan dalam rangka memberikan pengalaman bagi dosen dan mahasiswa untuk interaksi belajar yang lebih luas dan menambah wawasan, dan pengalaman. Perkuliah daring yang dilakukan lintas perguruan tinggi ini sebagai wujud dari implementasi program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam paparannya, Dosen dari PJKR Unimed Dr. Hariadi, menyampaikan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa PJKR UNP sudah sama-sama berkomitmen untuk bekerjasama dan menyukseskan program MBKM yang dicanangkan Mendikbud. Melalui program ini kita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan mahasiswa yang terlibat. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus dan penting untuk di tindaklanjuti agar secara simultan mendukung pengembangan kemutraan kerjasama dalam mempersiapkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing.

Dr. Khairuddin, M.Kes, dosen UNP dalam paparannya menjelaskan pengertian latihan, prinsip latihan serta intensitas berdasarkan aktifitas. Pada prinsip latihan ada 10 (Sepuluh) prinsip yang harus di pelajari yaitu Prinsip Latihan Beban Berlebih, Prinsip Latihan Specialisasi, Prinsip Individual, Prinsip Variasi, Prinsip Menambah Beban Latihan Secara Progresif, Prinsip Partisipasi Aktif Dalam Latihan, Prinsip Perkembangan Multilateral, Prinsip Pulih Asal, Prinsip Reversibilitas, dan Menghindari Beban Latihan Berlebihan. Latihan juga membutuhkan prinsip agar tetap menjaga kestabilan tubuh atlet dan menambah wawasan para atlet dalam latihan sehingga mengurangi resiko cedera ketika berlatih.

Diakhir paparan dan dialognya, beliau menyampaikan statement bahwa beliau sangat mendukung program mendikbud ini, karena program ini dapat mendukung keberhasilan perguruan tinggi dalam mempersiapkan lulusan untuk siap kerja dan melahirkan lulusan yang bermutu dan berkualitas. Semoga program ini terus berkembang, sehingga akan mempersiapkan dosen yang kompeten dan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, serta melahirkan mahasiswa yang siap kerja. (Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW