Close

" The Character Building University "

Kuliah Tamu Jurusan PTB FT UNIMED Kenalkan Teknik Pengolahan Limbah Cair

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan menggelar Kuliah Tamu Pengelolaan Limbah Cair Domestik bagi mahasiswa UNIMED, umum, serta staf pengajar pada Sabtu, (24/4/21). Kuliah tamu tersebut menghadirkan 2 orang narasumber  yakni Rifka Noor Azizah, S.T., M.T., dosen Prodi Teknik Lingkungan ITERA dan Noviani Ima Wantoputri, S.T., M.T. dosen Prodi Teknik Lingkungan UII yang telah berpengalaman tentang pengelolaan limbah cair domestik.

Dalam sambutanyya Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. mengapresiasi kegiatan ini “Kami mengucapkan terima kasih pada dosen tamu yang telah hadir memberikan kuliah tamu ini. Naraseumber yang hadir pada kuliah tamu ini merupakan akademisi yang ahli pada bidangnya. saya berharap para peserta kuliah tamu ini dapat mendengarkan dengan seksama seluruh papran yang diberikan karena ilmu yang diberikan para narasumber sangat berguna saat kegiatan belajar mengjar maupun setelah lulus nanti,” ujar Prof. Harun.

Lanjutnya Prof. Harun juga berharap setelah pelaksanaan Kuliah tamu ini akan ada tindaklanjut karena dengan adanya kerjasama antar perguruan tinggi dapat mendukung untuk menerapkan program kampus merdeka. “Pertukaran dosen antar perguruan tinggi yang dirangkum dalam kegiatan semacam ini diharapkan membuat mahasiswa lebih banyak mendapat wawasan dan pengetahuan dari topik kegiatan,” tutup Dekan FT.

Ketua pelaksana kegiatan Nico Ferdinand Manik melaporkan bahwa kegiatan ini mempunyai 3 tujuan, yaitu mengenalkan teknik perancangan dan prinsip pengolahan limbah cair domestik dengan menggunakan IPAL, mengenalkan potensi pemanfaatan dan aplikasi limbah cair domestik sebagai reclaimed water, dan sharing pengalaman keprofesian akademisi di bidang sumber daya air dan lingkungan. Kuliah tamu ini diikuti oleh Ketua Jurusan PTB dan fungsionaris Jurusan lainnya, seperti Kaprodi PTB, Kaprodi D3 Teknik Sipil, dan Kaprodi S1 Teknik Sipil, 10 staf pengajar dan 160 peserta dari internal UNIMED dan umum.

Pada paparannya, Rifka Noor Azizah, S.T., M.T. menekankan bahwa sudah saatnya akademisi untuk berperan aktif dalam perbaikan pengelolaan lingkungan dengan meneliti teknik dan mekanisme mengelola limbah cair domestik agar pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan makhluk hidup bisa dihindari akibat pembuangan limbah cair domestik yang sejauh ini masih banyak yang belum dikelola sesuai standar. Hasil pengolahan limbah cair domestik juga ternyata bisa dijadikan untuk flushing toilet, menyiram tanaman, mencuci kendaraan, atau diresapkan kembali sebagai langkah konservasi air tanah. sedangkan Wantoputri, S.T., M.T. sebagai narasumber kuliah tamu ke II memaparkan Banyak sekali teknologi yang bisa diaplikasikan sebagai advanced teknologi untuk memproduksi reclaimed water.

Para peserta sangat antusias mengikuti kuliah tamu ini dilihat dari banyaknya pertanyaan. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa, tenaga pengajar dan penelitian dari peserta umum pun ikut mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Panitia memberikan 4 doorprize berupa buku berjudul “Merancang Pemukiman Sehat dan berwawasan Lingkungan” karya Dr. Rachmat Mulyana, M.Si. Dosen Prodi PTB, UNIMED.

Acara kuliah tamu selanjutnya ditutup oleh Dr. Rachmat Mulyana, M.Si. “dengan adanya pengenalan teknik pengelolaan limbah cair domestik, diharapkan kepada khususnya mahasiswa Prodi S1 PTB, Prodi D3 Teknik Sipil, dan Prodi S1 Teknik Sipil UNIMED ada yang tertarik untuk menjadikan topik ini sebagai tugas akhir/skripsi dan atau karya tulis ilmiah dalam kegiatan kemahasiswaan,” tutup Dr. Rachmat.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW