Close

" The Character Building University "

Mengenal Kegunaan BIM Dalam Dunia Konstruksi

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan menggelar Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Building Information Modelling (BIM)” yang diikuti ratusan mahasiswa jurusan PTB, staf pengajar PTB dan masyarkat umum. Kegiatan Kuliah Umum yang di gelar pada Sabtu, (10/4/21) menghadirkan 2 orang pemateri yakni : Tony Jackson, S.T., seorang arsitek dan berpengalaman sebagai trainer BIM di Lembaga Pelatihan Kerja Modern Arsitektur dan Teknologi (LPK MAT), dan Hari Irawan, S.Pd. salah seorang alumni Prodi PTB sebagai Project Manager PT. Nadic yang telah berpengalaman menerapkan BIM dalam proyek konstruksi di perusahaannya.

Kuliah Umum secara daring ini dibuka oleh Dekan FT Unimed Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. yang dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan ucapan terima kasih kepada kedua narasumber. Dekan FT Unimed berharap setelah pelaksanaan Kuliah Umum ini akan bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan lain dalam implementasi Merdeka Belajar. Kehadiran dan keterlibatan praktisi pelaku konstruksi dalam perkuliahan merupakan salah satu indikator kinerja akademik dalam mendukung PK (Program Kerja) Rektor.

“Saya berharap melalui kegiatan kita ini akan ada kegiatan lain yang mendukung kemajuan Jurusan dan Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, seperti dilanjutkan dengan MoU, dan melaksanakan penelitian dan kegiatan sama yang relevan dengan bidang perusahaan narasumber. Berkaitan hal ini kita memiliki kewajiban untuk mensukseskan program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar dalam memberikan fasilitas mahasiswa kita untuk magang di perusahaan-perusahaan dan di dunia industri lainnya,” tutup Prof. Harun.

Ketua pelaksana kegiatan Dr. Sarwa, M.T. melaporkan bahwa kegiatan ini mempunyai 3 (tiga) tujuan : 1) mengenalkan BIM kepada mahasiswa dan akademisi di lingkungan Jurusan PTB; 2) mengenalkan keunggulan aplikasi BIM (Autodesk Revit) dari aplikasi lain (Autodesk Autocad); dan 3) membuka peluang kerjasama antara LPK MAT dan PT. Nadic dalam implementasi Merdeka Belajar. Kuliah Umum ini diikuti oleh Ketua Jurusan PTB Syahreza Alvan, M.Si dan fungsionaris Jurusan lainnya, 20 staf pengajar dan 245 mahasiswa dari lingkungan Jurusan PTB.

Pada paparannya, Tony Jackson, S.T. dan Hari Irawan, S.Pd. menekankan bahwa mahasiswa Unimed harus bisa bersaing dengan lulusan dari berbagai kampus di Indonesia dengan belajar penggunaan BIM. Banyak sekali keuntungan penggunaan BIM pada konstruksi, seperti diantaranya dapat menghasilkan kualitas desain yang tinggi dan dokumentasi akurat dari proses konstruksi, perbaikan manajemen konstruksi, meningkatkan interaksi antara arsitek, insinyur, serta kontraktor, dan memungkinkan pra-fabrikasi dari berbagai komponen konstruksi untuk meminimalkan siklus hidup desain.

Acara ini sangat antusias diikuti oleh para peserta dilihat dari banyaknya pertanyaan sehingga kegiatan diperpanjang hingga jam 13.00WIB dari rencana awal jam 12.00 WIB diakhiri. Setelah pengenalan BIM semacam ini, kedepannya khususnya kepada mahasiswa Jurusan PTB lebih mengenal dan memahami kegunaan BIM dalam dunia konstruksi sebagai bekal menghadapi dunia kerja setelah lulus menjadi seorang sarjana.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW