Close

" The Character Building University "

Unimed Gelar Penyegaran bagi Dosen, Guru dan Admin IT PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2021

Unimed mengadakan kegiatan Penyegaran Dosen, Guru Pamong dan admin IT PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2021. Narasumber utama kegiatan ini Ketua UKMPPG Kemdikbud Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang juga selaku Ketua Senat Unimed. Kegiatan dilaksanakan secara virtual pada Rabu, 7 April 2021 ini dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes, ikut hadir di pembukaan para Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga dan diikuti 120 dosen dari berbagai jurusan dan 64 guru dari berbagai sekolah di Medan dan 17 orang Admin IT.

Koordinator PPG Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si, dalam pengantarnya mengatakan PPG Dalam Jabatan Angkatan I tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 12 April 2021 untuk 8 program studi diantaranya: Guru kelas SD (243 peserta), Guru kelas PAUD/TK (69 peserta), Bimbingan Konseling (35 peserta), Matematika (69peserta), Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (35peserta), Bahasa Inggris (34peserta),Kimia (35peserta), Bisnis dan Pemasaran (32peserta). Secara keseluruhan total peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan I adalah 552 peserta. Penyegaran bagi Dosen, Guru pamong, dan Admin IT ini akan dilaksanakan pada tanggal 07 s.d 08 April Tahun 2021. Keseluruhan tahapan pelaksanaan penyegaran ini akan dilakukan dalam jaringan. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan penyegaran ini adalah 201 orang, 120 di antaranta adalah dosen, 64 orang adalah guru pamong dan 17 orang adalah Admin IT.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyampaikan pemerintah sangat berharap pada LPTK pelaksana PPG, agar lebih optimal dan bertanggungjawab dalam melaksanakan PPG dalam jabatan Tahun 2021, karena kita dihadapkan dengan berbagai tantangan untuk pengembangan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia di masa pandemi ini, baik secara internal maupun eksternal. Secara eksternal saat ini kita sedang dihadapkan pada realitas rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Secara internal kita ditantang untuk berbuat yang lebih baik dalam pembenahan kualitas dan mutu guru. Sedangkan terkait kompetensi dan kualitas guru di Indonesia masih menjadi permasalah krusial dan sangat perlu ditingkatkan. Permasalahan ini menjadi tugas dan tanggungjawab yang saat ini diemban oleh LPTK pelaksana PPG.
Lanjut Rektor, Peningkatan kualitas dan mutu guru merupakan tugas dan amanah pemerintah yang diembankan kepada LPTK Pelaksana PPG. Oleh karena itu, melalui kegiatan Penyegaran Dosen, Guru dan Admin IT PPG Dalam Jabatan yang kita laksanakan ini, saya berharap kita semua yang terlibat dalam PPG ini dapat melaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan semua program yang sudah diputuskan oleh pemerintah. Mari kita refresh ulang, apa yang telah kita laksanakan dalam kegiatan PPG Tahun lalu, yang sudah baik harus kita tingkatkan kualitas pelaksanaannya, sedangkan yang tidak maksimal dan masih ada kelemahannya, harus kita kaji lagi dan memberikan solusi terbaik, agar pelaksanaan tahun ini dapat lebih efektif, efisien dan lebih maksimal. Hal ini saya sampaikan karena para dosen, guru dan Tim IT pelaksana PPG di Unimed.

Prof. Syawal Gultom, dalam pengantar materinya menyampaikan bahwa PPG ini merupakan benteng terakhir perbaikan kualitas guru di Indonesia karena kouta untuk menyelenggarakan PPG ditetapkan pemerintah, LPTK yang berhak menyelenggarakan PPG di tetapkan oleh pemerintah atas evaluasi dan sistem penjaminan mutu dikendalikan oleh direktorat jendral pendidikan guru. Oleh karena itu pembangunan mutu pendidikan bangsa kedepannya bergantung pada bagaimana cara berpikir generasi muda pada tataran Higher Order Thingking Skill (HOTS). PPG ini memiliki tanggungjawab yang besar dan kita sebagai dosen dan guru calon penguji juga harus memiliki komitmen dan tanggungjawab mensukseskan kegiatan ini dan betul-betul membentuk guru yang terbaik, sehingga memiliki karakter diri bahwa profesinya merupakan panggilan jiwa dan dijadikan sebagai nilai ibadah.

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW